Sukses

Jangan Sembarangan, Perhatikan 8 Hal Ini Saat Menggunakan Smart Key pada Motor

Menjadi teknologi yang relatif baru digunakan pada sepeda motor, smart key dinilai memiliki beragam keunggulan dibandingkan kunci konvensional atau kunci fisik.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi teknologi yang relatif baru digunakan pada sepeda motor, smart key dinilai memiliki beragam keunggulan dibandingkan kunci konvensional atau kunci fisik.

Memiliki fitur canggih, kunci ini dibenamkan answer back system dan anti thief alarm. Terdapat dua jenis model, Smart key system juga perlu mendapat perhatian dalam penggunaannya, berikut ulasannya seperti dilansir Wahana Honda.

1. Hindari Tekanan Berlebih

Tekanan berlebih pada tombol smart key dapat mengakibatkan kerusakan. Cukup tekan tombol sewajarnya saja saat mengaktifkan atau menggunakan fitur yang tersedia.

2. Usahakan Tetap Kering

Air yang masuk dari sela-sela remote control berpotensi menimbulkan terjadinya kerusakan akibat hubungan arus pendek. Apabila terkena air atau basah, segera keringkan sebelum digunakan.

3. Hindari Meletakan Remote Control di Bagasi

Jangan menaruh smart key di dalam bagasi motor atau di rak serbaguna. Apabila lupa, kunci berpotensi tertinggal dan menjadikan motor bisa dinyalakan orang lain. Pastikan remote control selalu melekat pada pemilik, misalnya diletakan di saku atau di dalam tas.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Hindari Radiasi Elekrtomagnet

Jauhkan smart key dari benda-benda yang memiliki radiasi elektromagnet tinggi seperti microwave, mixer, tower pemancar radio karena berpotensi mengganggu sinyal atau frekuensi remot smart key.

5. Simpan dan Rahasiakan ID Tag

Simpan ID Tag di tempat yang aman dan jangan memberitahukan kode ID Tag pada siapa pun. ID Tag berfungsi sebagai alat untuk menghidupkan motor saat kondisi darurat, registrasi tambahan saat semua Honda Smart Key hilang dan registrasi immobilizer ID saat Smart Control unit diganti.

6. Simpan Smart Key Cadangan di Rumah

Cukup membawa satu Smart Key saja saat berkendara. Hal ini akan memudahkan pemilik saat smart key yang dibawa hilang.

 

3 dari 3 halaman

7. Posisi Off

Saat sampai tempat tujuan, pastikan saklar starter dalam posisi off agar sinyal yang menghubungkan smart key dan motor terputus. Indikator smart key ada di posisi off adalah lampu berwarna merah pada remote control dan akan menyala saat ditekan.

8. Beri Jarak 2 meter antara Remote dan Motor

Ketika tidak berkendara, pastikan remote control dan sepeda motor berada pada jarak lebih dari 2 meter atau matikan remote dengan menekan tombol on/off. Hal ini dilakukan untuk menghindari komunikasi sinyal radio remote dan sepeda motor yang dapat mengakibatkan baterai (aki) menjadi drop atau soak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.