Sukses

Tak Hanya Malam Hari, Ini Waktu Tepat Nyalakan Lampu Mobil

Setiap kendaraan bermotor pasti disematkan lampu penerang di bagian depan dan belakang sebagai salah satu fitur keselamatan berkendara. Berfungsi sebagai penerang jalan, lampu utama pada mobil ternyata tak hanya dinyalakan di malam hari.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap kendaraan bermotor pasti disematkan lampu penerang di bagian depan dan belakang sebagai fitur keselamatan berkendara. Berfungsi sebagai penerang jalan, lampu utama pada mobil ternyata tak hanya dinyalakan di malam hari.

Senior instructor sekaligus founder dari Jakarta Defensive Driving Consultant (JDDC), Jusri Pulubuhu menegaskan ada beberapa kondisi yang mewajibkan pengendara menyalakan lampu kendaraan.

"Memang lampu pada mobil itu selain sebagai alat penerangan seperti yang kita tahu selama ini, terdapat fungsi lain yang memudahkan pengendara memberikan signal pada pengendara lain atau sebagai alat komunikasi," katanya kepada Liputan6.com.

Keberadaan kendaraan merupakan hal penting yang harus diketahui pengendara lain. Karena itu, lampu bisa menjadi signal pemberitahuan agar tak terjadi kecelakaan saat berkendara.

"Jadi memang bukan hanya kita yang membutuhkan lampu untuk penerangan jalan, tapi juga pengendara lain untuk mengetahui posisi kita berada di mana," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pandangan Terbatas

Selain itu, lampu mobil juga perlu dinyalakan pada waktu-waktu tertentu selain di malam hari. Salah satu contohnya ialah saat hujan deras terjadi saat mobil sedang melaju di jalan.

"Kalau hujan deras terjadi pandangan pasti akan lebih terbatas, karena itu perlu adanya lampu sebagai alat bantu. Kabut dan asap juga memerlukan bantuan penerangan lampu. Saat parkir di gedung, lampu juga bisa dimanfaatkan," tuturnya

Karena itu, pemilik diimbau untuk selalu memperhatikan kondisi lampu kendaraan. Jangan sampai, saat lampu harus dinyalakan, ternyata mengalami kerusakaan atau tak berjalan maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.