Sukses

Kunci Motor Hilang, Pemilik Kendaraan Harus Lakukan Ini

Kunci menjadi salah satu komponen penting bagi kendaraan, baik roda dua maupun roda empat

Liputan6.com, Jakarta - Kunci menjadi salah satu komponen penting bagi kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Dengan alat yang cukup kecil ini, dapat menghidupkan motor dan kalau sampai hilang akan sangat merepotkan.

Mengalami kunci motor hilang memang sangat tidak mengenakan, apalagi di saat sedang terburu-buru ingin pergidan Akhirnya pemilik kuda besi panik.

Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan pemilik motor saat kehilangan kunci:

1. Jangan panik

Saat mengalami kunci motor hilang, jalan terbaik yang pertama adalah jangan panik dan tetap tenang. Pasalnya, jika sudah panik hanya akan membuat pikiran semakin runyam sehingga tidak dapat mengingat dimana terakhir kalinya meletakkan kunci motor tersebut.

Panik juga membuat suasana semakin keruh, sehingga bisa memicu pertengkaran, apalagi jika Anda panik dalam kondisi terburu-buru dan mendesak. Padahal, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kehilangan kunci motor.

2. Gunakan kunci cadangan

Kunci cadangan adalah cara untuk menyelesaikan masalah jika kunci motor hilang. Oleh karena itu, pastikan untuk menyimpan kunci motor cadangan di tempat yang aman dan mudah diingat.

Hal ini bertujuan agar pemilik mudah mengingat dan mengambilnya ketika membutuhkan kunci cadangan tersebut.

Kunci cadangan adalah benda pertama yang paling sering diingat pada saat kehilangan kunci motor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pakai jasa tukang kunci

Jika tidak memiliki kunci cadangan, maka langkah yang dapat dilakukan ketika kehilangan kunci motor adalah dengan menggunakan jasa tukang kunci. Biasanya tukang kunci dapat dengan mudah membongkar kontak dan membuat motor kembali menyala dengan kunci baru yang dibuatnya.

Dalam hal ini, Anda bisa menghubungi diler karena biasanya menyediakan layanan perbaikan atau penggantian kunci. Tidak hanya di diler, ahli kunci pun sangat mudah dijumpai yang biasanya membuka lapak di pinggir jalan.

Berkaitan dengan pembuatan kunci, dibutuhkan surat kepemilikan kendaraan dan biaya tambahan untuk penggantian kunci. Adapun solusi yang paling murah disini adalah mengganti mata atau gerigi di badan anak kunci.

4. Buat kunci duplikat

Jika Anda tidak memiliki kunci cadangan, dan diler tempat Anda membeli motor tidak menanggung garansi kunci, maka langkah yang dapat diakukan adalah dengan meminta dibuatkan kunci duplikat di tukang kunci.

Meskipun kunci utama hilang, tukang kunci yang terlatih tetap dapat membuatkan kunci duplikat untuk motor Anda. Tukang kunci hanya membutuhkan alat khusus seperti jarum untuk ditancapkan di lubang kunci motor.

Oleh karena itu, setelah motor Anda bisa dihidupkan, mintalah ke tukang kunci untuk segera membuatkan kunci duplikat. Hal ini bertujuan agar ketika Anda kehilangan kunci lagi, dan emilik tetap dapat menyalakan motor dengan menggunakan kunci duplikat.

3 dari 3 halaman

Infografis Motor Listrik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.