Sukses

Jadwal dan Lokasi Terbaru Samsat Keliling di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Memudahkan pemilik kendaraan membayar pajak kendaraan, pembayaran melalui Samsat Keliling bisa menjadi alternatif warga DKI Jakarta di tengah pandemi Corona Covid-19 yang terjadi.

Berdasarkan Instagram @humaspajakjakarta, Rabu (15/7/2020), Samsat Keliling membuka pelayanan di lima lokasi. Tersedia mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB, masyarakat bisa datang pada hari Senin-Jumat.

Untuk wilayah Jakarta Pusat, pemilik kendaraan bisa datang ke Halaman Parkir Samsat Pusat. Sedangkan Samsat Keliling untuk wilayah Jakarta Utara tersedia di Halaman Parkir Samsat Utara.

Khusus wilayah Jakarta Barat tersedia di Halaman Parkir Samsat Barat dan wilayah Jakarta Selatan di Halaman Parkir Polda. Untuk wilayah Jakarta Timur tersedia di Halaman Parkir Samsat Timur.

Terkait syarat perpanjangan pajak kendaraan bermotor, pemilik wajib membawa 4 dokumen sebagai berikut:

2 dari 6 halaman

Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

1. Tidak memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor lebih dari 1 tahun

2. Membawa KTP Pemilik asli beserta fotokopi

3. Membawa BPKB asli beserta fotokopi

4. Membawa STNK asli beserta fotokopi

5. Surat kuasa disertakan materai dan fotokopi KTP penerima kuasa apabila dikuasakan

Untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut, masyarakat bisa menghubungi contact center dan live web chat via bprd.jakarta.go.id.

3 dari 6 halaman

Kupas Tuntas 2 Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online, Pilih Mana?

Bagi pemilik mobil atau sepeda motor, saat ini pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) tidak perlu repot lagi. Pasalnya, hal tersebut sudah bisa dilakukan secara online, dan tanpa datang ke kantor Samsat.

Mengutip unggahan Instagram @humaspajakjakarta pembayaran PKB tahunan dapat dilakukan secara online, baik melalui e-Samsat atau aplikasi Samsat Online Nasional.

Syaratnya, kendaraan atas nama pemilik pribadi dan tidak memiliki tunggakan atau tunggakan maksimal di bawah satu tahun.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui e-Samsat, syarat untuk penukaran STNK adalah sebagai berikut :

1. KTP pemilik kendaraan asli yang sesuai di STNK beserta fotokopi

2. STNK asli beserta fotokopi

3. BPKB asli beserta fotokopi

4. Struk pembayaran

5. Surat kuasa beserta fotokopi KTP penerima kuasa apabila diwakilkan

Sedangkan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan melalui Aplikasi Samsat Online Nasional, dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi tersebut di Play Store.

4 dari 6 halaman

Cara pembayaran

Untuk cara pembayarannya sendiri, bagi yang melalui e-Samsat dapat langsung melalui menu PKB di ATM, Mobile Banking, Internet Banking di Bank yang bekerja sama.

Untuk Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) bisa ditukarkan bukti bayar ke kantor Samsat di mana objek pajak terdaftar.

Sementara itu, untuk cara pembayaran PKB di Samsat Online Nasional bisa dengan membuat kode bayar melalui aplikasi Samolnas, kemudian lakukan pembayaran melalui ATM, Mobil Banking, atau e-commerce yang telah bekerja sama.

5 dari 6 halaman

TBPKP

Untuk TBPKP-nya, jika sesuai dengan unggahan Humas Pajak jakarta, TBPKP akan dikirimkan ke alamat yang tertera di STNK. Namun, dalam kenyataannya, yang dikirmkan hanya e-TBPKP ke alamat email wajib pajak.

Kemudian, dalam 30 hari wajib pajak harus datang ke Samsat untuk mengesahkan STNK dan meminta TBPKP/SKPD asli berdasarkan e-TBPKP atau struk pembayaran.  

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: