Sukses

Bukan Sekadar Aksesori, Ini Fungsi Talang Air pada Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Selain membuat tampilan mobil lebih cantik, door visor ternyata memiliki fungsi penting. Lebih dikenal dengan nama talang air, aksesori ini digunakan untuk mencegah air masuk ke dalam mobil ketika jendela terbuka.

Biasanya, alat ini dipasang pada bagian atas jendela dengan cara direkatkan pada bracket yang tersedia di atas panel pintu.

Meskipun memiliki sejuta kegunaan, masih banyak orang yang belum memahami pentingnya door visor pada sebuah mobil. Sebagian dari mereka masih menganggap bahwa ini hanyalah aksesori tambahan pada mobil.

Agar lebih jelas, berikut fungsi door visor, seperti dilansir Garda Oto, Rabu (1/7/2020).

1. Melindungi Komponen pada Kabin

Tanpa door visor, hujan yang turun bisa saja masuk ke dalam kabin meski jendela mobil hanya terbuka sedikit. Tentunya hal ini bisa berpengaruh pada komponen listrik seperti power window.

Masuknya air ke dalam kabin mobil dapat menyebabkan beberapa komponen listrik korsleting.

2. Mencegah Basah saat Membayar Parkir

Door visor atau talang air akan menampakan manfaat terbesarnya saat musim hujan tiba. Ketika tengah mengendarai mobil, Anda tentunya pernah membuka jendela hanya untuk mengambil karcis atau membayar parkir.

Sebaliknya, ketika aksesori door visor dipasang, Anda bisa mencegah kebasahan saat akan membayar parkir atau mengambil karcis.

2 dari 4 halaman

3. Mengurangi Embun

Selain berfungsi untuk menghalangi air, door visor juga bisa membantu mengurangi embun pada kaca depan mobil. Hal ini tentu sangat membantu karena embun pada kaca depan mampu mengganggu jarak pandang.

 

3 dari 4 halaman

4. Memperindah Tampilan Mobil

Keberadaan door visor selain mencegah air masuk ke dalam kabin juga dapat membantu memperindah tampilan mobil. Dengan adanya door visor pada mobil, penampilan mobil menjadi lebih keren.

Meskipun memiliki segudang fungsi bagi mobil, sayangnya door visor tidak terpasang secara otomatis pada mobil. Beberapa mobil terbaru memang telah memasang door visor pada model mereka, namun kebanyakan mobil harus membeli door visor secara terpisah.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: