Sukses

Motor Bebek 2-Tak Idola Anak Muda Era 90-an, Mana Pilihan Anda?

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum motor 4-tak merajai penjualan roda dua di Tanah Air saat ini, ada zamannya motor bebek 2-tak yang menjadi idola anak muda pada era 1990-an. Alasannya cukup sederhana, karena performa yang ditawarkan layaknya motor balap dengan kecepatan tinggi.

Selain performa, desain motor bebek 2-tak ini juga memiliki aura balap dengan desain yang tajam layaknya motor road race atau balap jalanan.

Nah, berikut 3 motor bebek 2-tak yang menjadi idola anak muda era 90-an, yang Liputan6.com sitat dari berbagai sumber:

1. Yamaha F1ZR

Motor ini bisa dibilang sebagai produk Yamaha sepanjang masa. Tak heran jika Yamaha F1ZR menjadi primadona pada zamannya, bahkan sampai saat ini. Tenaganya yang luar biasa dihasilkan oleh mesin 1-slilinder 2-tak 110cc.

Sayang, dengan hadirnya regulasi emisi EURO-3 motor ini berhenti diproduksi pada pertengahan 2000-an. Kini, banyak pemilik motor bebek ini yang masih menjaga kondisinya supaya tetap seperti baru.

2 dari 4 halaman

2. Yamaha 125Z

Memang pamor motor ini tak sementereng Yamaha F1ZR. Pasalnya, Yamaha 125Z didatangkan langsung dari Malaysia alias CBU (completely built-up) sehinggga dipatok cukup mahal.

Meski demikian, Yamaha 125Z sempat menjadi idola karena mendominasi berbagai ajang road race di era 1990-an hingga 2000-an. Sayangnya, nama besar motor ini hanya bertahan sebentar karena kemunculan regulasi EURO-3.

3 dari 4 halaman

3. Suzuki Satria 120

Salah satu line-up 2-tak Suzuki yang juga sempat menjadi legenda ialah Satria 120 atau kerap disebut sebagai Satria Hiu. Julukan itu muncul lantaran dek tengahnya yang menyerupai insang hiu.

Motor ini sempat menjadi pesaing Yamaha F1ZR di ajang road race nasional. Namun, kubikasinya yang tanggung membuat Suzuki Satria 120 harus bore-down menjadi 110cc atau ditingkatkan menjadi 125cc.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: