Sukses

Masih di Rumah, Ini 6 Cara Mudah Bersihkan Karburator Motor Kesayangan

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, banyak motor yang beredar di pasaran sudah dilengkapi dengan sistem pengabutan secara elektrik, atau yang biasa disebut injeksi. Namun, roda dua dengan sistem pembakaran yang menggunakan karburator bukan berarti sudah tidak ada.

Jika dilihat fungsinya sebagai sistem pembakaran di motor, karburator memang memiliki peran yang cukup penting. bahkan, tidak jarang komponen ini mengalami gangguan, seperti kotor dan pastinya mempengaruhi performa kendaraan, seperti mesin mogok seperti tersendat-sendat, serta susah dihidupkan.

Jadi, menjaga kondisi karburator tetap bersih dan prima merupakan hal yang wajib. Membersihkan karburator bisa dilakukan di bengkel. Namun, bagi yang hendak melakukannya di rumah juga bisa, apalagi yang masih menikmati libur lebaran, dan di rumah saja.

Tapi perlu diingat, membersihkan karburator sendiri butuh ketelitian yang sangat tinggi. Selain itu, diperlukan peralatan yang tidak gampang, salah satunya kompresor.

Jadi, jika sudah siap dengan hal tersebut, ada enam langkah untuk membersihkan karburator sendiri, seperti dilansir laman resmi Suzuki Indonesia:

1. Lepaskan Dulu Karburator Dari Dudukan

Pertama yang harus dilakukan, adalah melepaskan karburator dari dudukan. Jangan lupa, lakukan dengan hati-hati saat melakukan hal tersebut, agar karburator tidak rusak.

2. Buka Mangkuk Karburator Kemudian Bersihkan

Selanjutnya, buka mangkok karburator motor dengan melepas semua baut pengaitnya. Lalu lihat, apakah ada endapan atau bagian yang terkontaminasi.

Jika memang kotor, bersihkan menggunakan kuas lembut lalu bilas menggunakan bensin agar lebih bersih.

2 dari 2 halaman

3. Lepas dan Bersihkan Pilot Jet

Kemudian lepaskan juga bagian pilot jet, main jet dan juga needle jet dari karburator motor.

Sebaiknya, lepaskan dengan hati-hati lalu segera bersihkan dengan cara meniupnya. Akan lebih mudah jika menggunakan kompresor dibandingkan harus meniup secara manual.

4. Bersihkan Main Jet Karburator

Setelah melepaskan bagian pilot jet termasuk main jet dan juga needle jet, kemudian bersihkan dengan menggunakan kompresor.

Untuk membersihkan Needle jet ini, ukup dengan kuas yang sudah dicelupkan ke bensin kemudian semprot pada bagian lubang memakai kompresor.

5. Bersihkan Spuyer Karburator

Cara membersihkan karburator berikutnya adalah dengan membersihkan spuyer karburator, bagian ini sangat berpengaruh pada kinerja mesin, jadi bagian ini cukup penting untuk dibersihkan.

Lakukan dengan hati-hati, agar Anda tidak merubah diameter spuyer karena jika itu terjadi kemungkinan motor tidak akan bisa dinyalakan.

Anda bisa membersihkan spuyer dengan menggunakan amplas halus lalu bersihkan kotoran yang menempel.

6. Merakit Kembali Karburator

Kemudian yang terakhir adalah merakit dan memasang kembali ke motor dengan benar. Lalu atur campuran bahan bakar dengan menyetel ketinggian pelampung mesin dengan menggunakan jangka sorong.

Rakit semua komponen lalu pasang kembali karburator pada kedudukan semula.