Sukses

Mobil Rentan Jadi Sarang Tikus Saat PSBB, Begini Cara Mencegahnya

Mencegah penularan virus Corona Covid-19, pemerintah secara resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Mencegah penularan virus Corona Covid-19, pemerintah secara resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah Indonesia. Hal ini membuat mobil yang digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari harus terparkir cukup lama di garasi rumah.

Harus selalu diperhatikan, mobil yang terparkir rentan menjadi sarang tikus. Melihat hal tersebut, Sugiartono, Technical Manager PT Sokonindo Automobile (DFSK) memberikan tips mencegah hewan pengerat masuk ke dalam mobil.

"Hewan pengerat dan serangga umumnya menyukai tempat yang lembab, gelap, statis dan tidak banyak gangguan manusia. Ruang mesin atau kabin mobil yang diparkir lama masuk salam kriteria tersebut," ujar Sugi.

Berikut cara mudah mencegah tikus bersarang pada mobil yang terparkir lama:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pilih Tempat Parkir

1. Pastikan memilih tempat parkir yang benar. Hindari memarkirkan mobil di tempat lembab, dekat dengan tempat sampah dan selokan, karena dekat dengan sarang tikus.

2. Usahakan untuk memanaskan kendaraan dan menggunakannya untuk sesaat agar mesin bisa bekerja dengan baik. Apabila tak memungkinkan untuk digunakan, pemilik bisa memaju mundurkan kendaraan untuk beberapa saat.

 

3 dari 4 halaman

Gunakan Pengharum

3. Panaskan mesin dan buka aliran udara ke kabin secara teratur apabila terpaksa memarkir di suatu tempat untuk waktu yang lama.

4. Taruh pengharum yang menyengat agar tikus tidak bersarang di dalam mobil.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.