Sukses

Enggak Pakai Repot, Begini Cara Menghilangkan Bau di Helm Kesayangan

Liputan6.com, Jakarta - Helm menjadi salah satu perlengkapan berkendara yang sangat penting. Pasalnya, penggunaan pelindungi kepala ini dapat  mengurangi risiko cedera serius atau kematian jika terjadi kecelakaan.

Namun, banyak permasalahan pemilik helm ini, adalah bau yang tidak sedap. Bahkan, hal tersebut bisa menggunggu konsentrasi pengendara motor di jalan. Nah, berikut beberapa tips untuk menghilangkan bau di helm kesayangan, seperti dilansir laman resmi Wahan Honda:

Kenali penyebab helm bau

Penyebab bau di helm kesayangan memang ada beberapa faktor. Pertama, bau disebabkan karena bagian dalam atau spon helm tidak kering secara maksimal setelah basah karena sesuatu, seperti ketika selesai digunakan saat hujan. Dengan kondisi seperti itu, maka furing serta spon yang tidak kering tersebut menjadi lembab dan memunculkan bakteri yang dapat menimbulkan bau tak sedap.

Penyebab kedua biasanya karena keringat dan bau rambut penggunanya. Tidak semua orang aware atau peduli dengan kesehatan kulit kepala dan juga rambut. Oleh karenanya, terkadang ada seseorang yang memiliki rambut bau. Jadi, saat orang tersebut menggunakan helm, maka bau di rambut tersebut bisa pindah juga ke helm.

Cara menghilangkan bau pada helm

Langkap pertama yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau pada helm adalah dengan mencuci bagian furing serta spon dalamnya. Untuk melakukannya, Anda harus melepaskan semua bagian di dalam helm dan kemudian mencucinya. Untuk busa kerasnya sendiri, Anda dapat mencucinya juga atau langsung menjemur di bawah terik matahari.

Perlu diingat adalah, jangan menyemprotkan parfum atau pewangi ke dalam helm karena bekas parfum atau pewangi tersebut dapat memunculkan aroma lain ketika bercampur dengan air atau keringat.

2 dari 2 halaman

Perawatan akhir

Setelah mencuci bagian dalam dari helm tersebut, maka dapat dilakukan perawatan menyeluruh pada visor dan juga batok helmnya. Caranya sama seperti mencuci motor, Anda dapat mencucinya dengan menggunakan sabun khusus untuk mencuci motor agar warna dari helm tidak memudar atau menurun. Setelah itu, dapat juga mengeringkannya dan kemudian menambahkan pengkilap motor.

Sedangkan untuk visornya, dapat dilakukan hal yang sama seperti pada batok helm. Anda juga dapat menggunakan pasta gigi apabila merasa visor tersebut nampak kusam.

Apabila terjadi baret, ada dua hal yang dapat lakukan, yaitu dengan menggunakan compound. Caranya dengan mengoles dan mengusap secara merata compound pada bagian yang memiliki goresan dan kemudian hapus bekasnya menggunakan lap bersih.

Setelah semua lengkap dilakukan, pasang kembali semua bagian dan simpan di tempat yang bersih serta tidak terkena cahaya matahari langsung.