Sukses

Empat Komponen Ini Bergantung Pada Aki, Apa Saja?

Tanpa aki, kelistrikan motor masih bisa tersuplai melalui sepul selama motor menyala. Karena itu, beberapa pemilik kendaraan menganggap keberadaan aki tak terlalu penting.

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa aki, kelistrikan motor masih bisa tersuplai melalui sepul selama motor menyala. Karena itu, beberapa pemilik kendaraan menganggap keberadaan aki tak terlalu penting.

Selain itu, motor tak akan berfungsi maksimal karena beberapa fitur pada kendaraan tak bisa digunakan karena aki tak berfungsi.

Berikut, beberapa hal yang harus diwaspadai saat motor tak lagi menggunakan aki seperti dilansir Wahana Honda:

1. Lebih Sulit Menghidupkan Mesin

Saat menyalakan motor, lebih mudah jika pengendara menggunakan electric starter. Tanpa aki, sistem ini tidak akan berfungsi. Sehingga, menggunakan kick starter untuk menyalakan motor adalah cara satu satunya.

2. Listrik Motor Mati Total

Saat motor mati, seluruh kelistrikan tak akan bisa berfungsi. Alhasil indikator persneling motormu tak memiliki keterangan sedang berada di gigi berapa dan klakson tak akan berfungsi maksimal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Lampu Sein Tak Berfungsi Optimal

Lampu sein merupakan salah satu yang paling penting, karena fungsinya saat berkendara. Selain untuk menunjuk arah, lampu sein adalah media komunikasi antar pengendara.

Tanpa aki, lampu sein bisa tak berkedip karena terpengaruh oleh RPM motor. Semakin kencang RPM, semakin tak berkedip lampu sein. Hal ini akan menjadi masalah untuk keamanan pengendara lain.

4. Lampu Ikut Kinerja RPM Motor

Fungsi lampu di sepeda motor sangatlah penting. Tanpa adanya aki, kinerja lampu akan mengikuti besaran RPM motor.

Jika RPM nya tinggi, lampu akan sangat terang. Namun saat rendah, lampu akan redup bahkan tak terlihat menyala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.