Sukses

Punya Dana Rp200 Jutaan untuk Mobkas, Pilih Toyota Rush atau Mitsubishi Xpander?

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda memiliki dana Rp200 jutaan untuk mobil bekas keluaran baru, Anda bisa melirik Toyota Rush atau Mitsubishi Xpander.  Keduanya punya spesifikasi keseluruhan yang sepadan buat bertarung. Juga akomodatif sebagai kendaraan keluarga.

Sekadar gambaran pasar mobil bekas di kawasan Jabodetabek. Xpander Ultimate AT lansiran 2018 dihargai sekitar Rp 215 juta hingga Rp 230 jutaan. Sementara Rush TRD AT dilego Rp 212 juta sampai Rp 230 jutaan. Pilihan bekas jadi menarik, lantaran ada depresiasi nilai cukup banyak. Sebagai pembanding, banderol gres LSUV bikinan Toyota Rp 265,6 juta. Kemudian LMPV Mitsubishi Rp 265,1 juta OTR Jakarta. Dalam pemakaian wajar, unit bekas berumur satu tahun seharusnya masih sehat dan ada garansi pabrikan.

Engine

Langsung saja ke sektor unit pacu. Toyota Rush menggendong mesin bensin 2NR Dual VVT-i DOHC 1,5 liter naturally aspirated. Hasil pembakaran memberi daya 102 Tk pada 6.000 rpm. Lalu dorongan torsi maksimal 134 Nm pada 4.200 rpm. Versi TRD AT, penyaluran tenaga menggunakan transmisi otomoatis 4-speed ke roda belakang. Xpander Ultimate juga memiliki kapabilitas mesin setara, pakai MIVEC 1,5 liter.

Tenaganya 103 Tk pada 6.000 rpm. Namun ia memberi tendangan torsi lebih, 141 Nm di 4.000 rpm dan pakai penggerak roda depan. Transmisinya matik kovensional 4-speed.

 

2 dari 4 halaman

Handling

Keduanya pernah diuji OTO.com. MacPherson Strut with Coil Spring & Semi Independent Torsion Axle Beam ditanam pada kaki-kaki Rush. Jenisnya sama dengan Xpander. Namun MPV tiga berlian mengadopsi teknologi geometri suspensi Lancer. Handling Toyota lumayan nyaman. Tapi masih kalah enak dari Xpander. Khususnya stabilitas berkendara, bermanuver dan redaman damper saat melibas jalanan. Tapi buat Anda yang mencari mobil bekas, pastikan suspensi Xpander tidak bocor. Isu ini sudah lama menyeruak. Ketika masih masa garansi, sebetulnya bisa diganti baru di diler resmi secara cuma-cuma.

Dimensi

Ukurannya tampak sama. Xpander memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.700 mm dan wheelbase 2.775 mm. Jarak pijak tanahnya 205 mm. Sedangkan Rush berukuran 4.435 mm, 1.695 mm, 1.705 mm, sumbu roda 2.685 mm dan ground clearance 220 mm. Kalau dilihat dari wheelbase, Xpander sedikit lebih lega dari Rush.

 

3 dari 4 halaman

Beli yang Mana?

Acuannya dari segala fitur, performa dan kapabilitas. Harus diakui, Xpander tetap menjadi pilihan utama, walau Rush juga punya value for money yang baik. Meski sesama unit bekas, tapi Mitsubishi selalu menawarkan paket Smart dalam pembelian awal. Jadi konsumen lebih hemat jasa perawatan dan suku cadang. 

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: