Sukses

Gara-Gara Google Maps, Pemotor asal Prancis Nyasar ke Jalan Tol

Liputan6.com, Malang -

Kasus salah jalan akibat menggunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps kembali terjadi. Kali ini wisatawan asal Prancis yang diketahui bernama Philippe salah masuk jalur bebas hambatan alias Jalan Tol Singosari Malang Jawa Timur. 

"Peristiwa tersebut terjadi pagi tadi atau sekitar pukul 08.30 WIB. Saat itu kepala unit 410 Sat PJR Ditlantas Polda Jatim, AKP Suwarno beserta anggota melaksanakan patroli rutin di ruas Tol JSM Pandaan-Malang (JPM)," tutur Kasat PJR Polda Jatim AKBP Bambang Sukmo Wibowo, Senin malam, 7 Oktober 2019. 

Bambang menceritakan, pihaknya saat itu melakukan patroli dan mendapatkan informasi dari petugas tol diketahui ada seorang pengendara sepeda motor Honda Scoopy dengan Nopol AG 3164 RAP masuk ke ruas Tol Singosari-Malang. 

"Karena searah dengan jalur patroli maka tidak lama kemudian pengendara tersebut ditemukan dan dihentikan," kata Bambang. 

 

 
 

 

Petugas menanyakan tujuannya masuk ke jalur tol, pengendara yang mengaku bernama Philippe asal Prancis menjelaskan pada petugas patroli PJR, dengan bahasa Indonesia yang masih terbata-bata. Dia berkendara dari tempatnya bermalam di Hotel Solaris Singosari Malang. 

"Selanjutnya pengendara tersebut menunjukkan Paspor, SIM Internasional dan STNK sepeda motor Honda Scoopy Nopol AG 3164 RAP yang disewanya," ucap Bambang. 

 
 
2 dari 3 halaman

Mau ke Taman Safari

Berdasarkan keterangan dari pengendara tersebut, turis Prancis itu menuturkan, tujuannya ke Taman Safari Sukorejo Pasuruan, dengan menggunakan aplikasi panduan Google Maps yang dipinjam dari kendaraan mobil temannya. 

"Dia bercerita bila sudah sesuai dengan petunjuk arah dari Google Maps, yaitu masuk jalur Tol Karanglo Singosari untuk menuju ke Taman Safari Sukorejo Pasuruan," ujar Bambang. 

Selanjutnya petugas Sat PJR memberikan penjelasan jalan tol hanya diperbolehkan untuk kendaraan roda empat ke atas dan pengendara motor dilarang memasuki ruas tol tersebut. 

"Saat ditanyakan lebih lanjut, ternyata wisatawan asal Prancis tersebut baru dua hari berada di Malang. selanjutnya petugas PJR memandu pengendara keluar tol," ucap Bambang. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tol Kunciran-Serpong Diyakini Tambah Nilai Ekonomi Kawasan Ini
Artikel Selanjutnya
Rest Area Tol Cipali Diprediksi Tak Mampu Tampung Pemudik saat Libur Natal