Sukses

Komponen Mitsubishi Xpander yang Bermasalah di Vietnam Sama dengan di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Distributor kendaraan Mitsubishi di Vietnam resmi mengumumkan penarikan kembali untuk diperbaiki (recall) untuk Mitsubishi Xpander yang diproduksi di Cikarang, Jawa Barat. Kampanye perbaikan ini, ditenggarai karena adanya masalah di komponen fuel pump atau pompa bahan bakar.

Menurut Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), memang komponen pompa bahan bakar yang diekspor ke Vietnam sama dengan yang dipasarkan di Indonesia. Namun, hingga saat ini, belum ada keputusan untuk melakukan recall terkait Mitsubishi Xpander yang dipasarkan di Indonesia.

"Iya, suppliernya sama. Kami juga masih menunggu hasil dari Vietnam," jelas Nakamura saat ditemui di Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT), beberapa waktu lalu.

Sementara itu, menurut Deputy Group Head of Planning & Communication Group PT MMKSI, Intan Vidiasari, recall itu terjadi diproduksi mobil yang sudah dalam jumlah besar seperti yang terjadi pada Mitsubishi Xpander. Biasanya, ada satu periode yang bermasalah, dan bukan berarti semua komponen dalam semua produksi bermasalah.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Ketemu Penyebab Pastinya

"Sebenarnya penyebab utama pompa bahan bakar ini belum ketemu. Kalau di Vietnam kan sudah ada peraturannya recall harus diumumkan, sedangkan di Indonesia baru mau dibuat peraturannya. Tapi, bukan berarti tidak ada peraturannya, Mitsubishi Indonesia tidak melakukan, karena kita selalu melakukan jika ada aspek keamanan menyentuh produk tersebut, dan sekarang memang belum ada," tegasnya di tempat yang sama.

Sementara itu, Mitsubishi Motors Corporation (MMC), sebagai induk usaha Mitsubishi Vietnam, mulai memasarkan Xpander ke Vietnam pada tahun lalu, sejak mobil ini pertama diproduksi di pabrik Cikarang, Jawa Barat, pada 2017. Selain Vietnam, small MPV ini juga diekspor ke Filipina dan Thailand.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mitsubishi Vietnam Produksi Xpander Mulai Tahun Depan
Artikel Selanjutnya
Jualan Melemah, Mitsubishi Masih Optimistis Jual 150 Ribu Unit di 2019