Sukses

XL7, Harapan Baru Suzuki Indonesia

Suzuki XL7 digadang-gadang menjadi calon produk terbaru Suzuki di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sejatinya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah punya dua model SUV di Indonesia. Sebut saja New SX4 S-Cross dan Suzuki Jimny.

Namun keduanya berstatus CBU (Completely Built Up). Artinya punya banderol yang cukup tinggi. Padahal, secara demand juga tidak besar.

Bisa ditengok dari sebaran Suzuki S-Cross di jalanan. Kondisi sebaliknya bisa ditemui pada Suzuki Jimny. Permintaannya membludak, namun terkendala suplai. Alhasil, PT SIS mesti menghentikan sementara keran pemesanannya.

Bakal hadirnya Suzuki XL7 bak napas baru bagi Suzuki Indonesia. Mereka optimistis bisa bersaing di segmen Crossover SUV (sport utility vehicle).

Menyoal keberadaan XL7, mestinya menjadi angin segar. Apalagi Suzuki Indonesia sudah membocorkan, produk itu merupakan kendaraan 7 penumpang dengan ketangguhan khas SUV.

Salah satu spesifikasi paling dicari kebanyakan masyarakat. Selain bermuatan banyak, ground clearance yang tinggi membuatnya tangguh melewati berbagai kondisi jalan.

Ya, ideal untuk menemani perjalanan jarak jauh, semisal mudik. Nah, kabar baiknya Suzuki XL7 bakal diluncurkan tahun ini.

Hal itu (peluncuran XL7) juga diamini jaringan penjualan Suzuki. Septian Ricky Herisman, General Manager PT Cinta Damai Putra Bahagia (diler resmi Suzuki di Jawa Barat) menyambut baik keputusan itu. Apalagi sekarang ini, pangsa pasar SUV terus naik.

"Jujur saja, SUV kita saat ini tinggal di medium yaitu S Cross. Harapan saya di SUV mudah-mudahan ada produk baru. Kalau dilihat desainnya oke, karena sekarang ini orang masih cenderung melihat desain. Semoga tahun depan bisa bersaing lagi di kelas itu," ucap Ricky di Cirebon, beberapa waktu lalu.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluang

Diketahui, Suzuki XL7 sendiri merupakan versi tujuh penumpang dari Suzuki XL6. Mobil yang sudah rilis di India berbasis Suzuki Ertiga, produk yang notabene juga diproduksi di Indonesia.

Dengan begitu, Suzuki XL7 punya kans bersaing dengan SUV lain yang sudah lebih dulu beredar. Harganya jelas harus kompetitif lantaran diproduksi di Indonesia. Dengan begitu, besar kemungkinan Suzuki XL7 bisa menjadi backbone baru PT SIS, selain Suzuki Ertiga.

Tak dipungkiri, sekarang ini Ertiga masih jadi andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Di kategori kendaraan penumpang, MPV ini juga memimpin penjualan secara nasional.

Tercatat pada periode Januari-Juli 2019, All New Ertiga terjual sebanyak 15.710 unit. Pun begitu dengan pasar regional seperti Cirebon. Pada periode serupa, Ertiga berkontribusi 18,3 persen terhadap penjualan PT Cinta Damai Putra Bahagia.

Ricky menambahkan, di Cirebon sendiri, ada 25-30 unit Ertiga terjual setiap bulan. Kebanyakan pembeli memilih varian Suzuki Ertiga GX dan Ertiga Sport.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.