Sukses

Menjajal Master Scooter Special Package untuk Yamaha NMax

Liputan6.com, Jakarta - Master Scooter Special Package, sebenarnya masih terbilang anyar. Baru saja dirilis pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Paket yang disajikan terdiri dari lima produk, meliputi oli mesin, dua item metal treatment, oil system cleaner dan oli gir.

Menariknya, pengujiannya baru kali ini dilakukan secara massal. Komunitas Journalist Max Community (JMC) pun dipercaya melakoni tugas perdana itu. Secara khusus, paket tadi diujikan terhadap Yamaha NMax.

Awalnya muncul pertanyaan di benak kami. Namanya juga doping, efeknya pasti juga cuma sesaat. Belum lagi melihat spek produk yang rasanya tak ideal buat NMax. Sebagai contoh oli mesin, Master Durability SAE 10W-40 sejatinya cocok buat skutik ini.

Tapi volume 1 liter jelas bukan peruntukannya. Ditambah adanya Master Metal Treatment 50 ml yang kudu diminum secara bersamaan.

Belum lagi soal oli gir berikut item serupa tadi. Otomatis jumlah cairan di gardan tidak 150 ml lagi, sesuai kebutuhan skutik 150 cc ini.

"Khusus untuk Yamaha NMax, Master Scooter Special Package perlu sedikit dimodifikasi, mengingat kebutuhan pelumas mesin sebanyak 900 ml (anjuran pabrikan) dan gear oil 150 ml. Untuk oli (SAE 10W-40) sudah sesuai dengan piston forged (tempa) yang digunakan Yamaha. Plus, memadukanMaster Gear Oil dengan Metal Treatment agar volume oli gir di Yamaha NMax terpenuhi," terang Peter Dionisius, Promotion Manager PT Autochem Industry.

Dia menambahkan, modifikasi tadi bisa dilakukan dengan cara memasukkan 850 ml oli mesin dan 50 ml metal treatment. “Lalu untuk oli girnya (Master Gear Oil SAE 80W-90 5-GL 120 ml) dicampur dengan metal treatment yang sama. Jadi volume totalnya adalah 170 ml,” kata pria yang akrab disapa Dion.

Lantas bagaimana jika pelumas tadi tidak sesuai ketentuan? “Untuk pelumas mesin kalau di atas 900 ml atau mencapai 1 liter, maka kinerja mesin bakal berat.

Artinya, penggunaan metal treatment yang bertujuan meningkatkan tenaga dan torsi, tidak ada gunanya. Nah untuk oli gir-nya kan jadi 170 ml, tidak masalah karena batas maksimal dari pabrikan 200 ml,” paparnya.

2 dari 2 halaman

Tahapan-tahapan

Namun ada tahapan yang harus dilakukan lebih dulu. Sebelum menggantinya dengan oli baru beserta metal treatment, masukkan lebih dulu Oil System Cleaner. Cairan berjumlah 50 ml ini berperan membersihkan residu pada oli mesin.

Cukup menuangkannya pada oli mesin lama. Nyalakan mesin Nmax dalam kondisi idle selama 15 menit. Kemudian buang oli lama. Dengan begitu residu ikut terbuang saat penggantian oli mesin.

Item terakhir yang mesti digunakan, Petrol Injector. Cairan ini berfungsi membersihkan sumbatan Sulfur di injector. Dia juga diklaim mampu mengikat air di dalam tangki bensin, sehingga dapat turut terbakar.

Cara pemakaiannya, Anda hanya perlu menuangkannya ke dalam tangki bensin dengan komposisi 50 ml berbanding 6 liter bensin. Efek yang dirasakan sangat cepat.

Tendangan NMax berbeda jauh dengan kondisi sebelum memakai MASTER Scooter Special Package. Efek dari campuran BBM ikut hilang seiring bensin tiris. Tapi, ini tentu tidak berlaku sepenuhnya pada oli mesin dan oli gir.

Impresi tadi bukan sugesti semata. Toh pihak Autochem juga melakukan tes terpisah. Untuk mengujinya, mereka mengajak Yamaha NMax berlari di atas mesin dynotest. Terdapat peningkatan tenaga 0,2 Hp dan torsi  0,2 Nm.

Sedangkan putaran mesin mengalami penurunan hingga 320 rpm. Kondisi awal tanpa Metal Treatment adalah 14,9 Hp di 7.530 rpm dan 14,3 Nm / 7.290 rpm menjadi 15,1 Hp di 7.470 rpm dan 14,5 Nm pada putaran 7.150 rpm.

Saat ini, paketan Master Scooter Special untuk Yamaha NMax atau skutik 150 cc, memang belum dijual massal. Tapi, Autochem tentu tengah siapkan harga cukup menarik. Mengingat pengguna Yamaha NMax di Indonesia juga sangat banyak. Tentu jadi sebuah opsi buat mereka, yang tak ingin mengubah jantung mekanis tunggangannya.

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Pembalap Yamaha Komentari NMax 2020, Apa Katanya?
Artikel Selanjutnya
Selain NMax, Dua Motor Baru Yamaha Indonesia Berpeluang Diekspor