Sukses

Jangan Bersihkan Karburator pakai Bensin, Ini Sebabnya

Liputan6.com, Jakarta - Perawatan rutin sepeda motor sebenarnya tak harus selalu ke bengkel. Untuk motor yang menggunakan karburator, merawatnya cukup mudah. Jika timbul suara kasar dan saat tarikan motor terasa berat, karburatornya bisa saja kotor.

Suara kasar atau bunyi brebet biasanya disebabkan oleh karburator yang tidak berfungsi dengan baik yang berakibat motor kurang bertenaga dan bisa mogok. Kalau kita ingin mengerjakan sendiri, kita cukup hanya menggunakan cairan pembersih karburator dan injektor.

Saat ini tersedia banyak pembersih karburator atau injeksor di pasaran, seperti Rexco 81. Biasanya pembersih karburator dan injektor sepeda motor ini dapat membersihkan kotoran, karbon, varnish dan gum, sehingga tarikan motor dapat lancar dan konstan kembali.

Cara kerja cairan ini adalah membersihkan saluran masuk, klep, ruang bakar dan saluran buang. Kalau cairannya bagus akan dapat pula membersihkan kerak didalamnya.

"Kami tidak menyarankan membersihkan karburator dengan menggunakan bensin atau solar karena bisa menyebabkan karet yang ada di dalamnya menjadi getas dan mudah untuk sobek," kata Tomy Tambrani, Marketing Manager Rexco Indonesia.

 

2 dari 3 halaman

Pakai Cairan Khusus

Sementara menurut Aryanto pemilik bengkel Zona Speed yang berlokasi di Jatiwarna, Bekasi, dia menggunakan cairan pembersih khusus dapat merontokkan kotoran dan kerak yang membandel nempel di karburator dan throtle body.

"Kalau sudah dibersihkan, tarikan motor jadi enak lagi dan pastinya sangat menguntungkan karena tidak perlu banyak semprotan sehingga lebih irit pemakaian," katanya.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Yamaha Siapkan 2 Varian Mio Terbaru, Intip Bocorannya
Artikel Selanjutnya
Pasang Pengharum di Spion Tengah, Dendanya hingga Rp17 Juta