Sukses

Permintaan Tinggi, Ini Cara Suzuki Distribusikan Suzuki Jimny

Liputan6.com, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi meluncurkan mobil fenomenalnya, Suzuki Jimny di ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan.

Sukses mencuri perhatian, mobil pabrikan otomotif Jepang ini hanya tersedia 50 unit setiap bulannya. Hal itu diungkapkan langsung oleh Donny Saputra, Direktur Pemasaran 4W SIS.

"Bulan April kemarin kami sudah mulai mencatat konsumen yang mau beli. Karena jumlah unit yang kami terima di Jepang ini terbatas, cuma 50 unit per bulan akhirnya sistem distribusinya kami rubah, tidak terpusat," katanya.

Donny menegaskan apabila menggunakan sistem siapa cepat dia dapat, distribusi Suzuki Jimny dikhawatirkan tak akan merata dan akan terpusat di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Kalau terpusatkan siapa cepat dia dapat yang paling dekat dengan Jakarta kan dia dapat akhirnya Jakarta saja yang dapat. Maunya kami seluruh konsumen kami di seluruh Indonesia dapat dari Sabang sampai Marauke," ujar Donny.

2 dari 3 halaman

Setiap Wilayah Mendapat Jatah Suzuki Jimny

Selain itu, Suzuki mengaku akan membuat alokasi untuk masing-masing dealer. Dengan jatah yang didapat tersebut, pabrikan otomotif berlambang huruf S itu akan membagikannya secara rata.

"Akhirnya kita buat alokasi buat masing masing dealer. Per bulannya berapa kita alokasikan ke dealer tersebut sampai dengan beberapa bulan ke depan berapa jumlah suplainya. Dari suplai yang diterima tadi dealer bisa menentukan kapan konsumen tersebut bisa mendapatkan unitnya di sebuah area," tuturnya.

Karena itu, Donny mengaku wilayah Jabodetabek pasti akan lebih tinggi dibandingkan wilayah lainnya.

"Kalau pemesanan data dikelola masing masing dealer jadi kami hanya memberi distribusi ke dealer. Jadi dealer yang mengatur menurut nomor urut konsumen di daerah tersebut. Harapan kami di masing masing provinsi ada Suzuki Jimny," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
KIA Siap Luncurkan Dua Mobil Terbaru, Pesaing Toyota Innova dan Honda HR-V
Artikel Selanjutnya
Honda City Terbaru Punya Tiga Pilihan Mesin, Ada yang Pakai Turbocharger