Sukses

Cara Mudah Bersihkan Sendiri Busi Motor

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu komponen penting untuk mesin kendaraan bermotor, busi sebaiknya dirawat dengan baik agar kinerja motor tetap maksimal dan prima.

Berfungsi untuk memercikkan api saat proses pembakaran dalam mesin, performa busi tentu harus dijaga dengan baik. Untuk merawat komponen ini, pemilik kendaraan tak perlu pergi ke bengkel karena busi bisa dibersihkan dengan mudah di rumah.

Seperti dilansir Federal Oil, Kamis (13/6/2019), pemilik kendaraan sebaiknya membersihan busi setelah menempuh jarak 4.000 kilometer.

Saat membersihkan kotoran-kotoran hitam yang berada di kepala busi, biasanya mengambil cara pintas dengan menceburkannya ke dalam bensin.

Namun hal itu ternyata salah, membersihkan busi sebaiknya jangan direndam menggunakan bensin karena bisa mengikis elektroda pada busi.

2 dari 3 halaman

Gunakan Sikat Kawat Lembut

Untuk membersihkan busi, pemilik kendaraan cukup menggunakan kuas atau sikat kawat yang lembut. Penggunaan bensin hanya sebatas disiramkan tanpa harus direndam.

Menggunakan bensin memang perlu, tapi jangan pernah merendamnya. Gunakan bensin secukupnya, lalu dikuas atau bersihkan dengan menggunakan sikat kawat yang lembut. Jika sudah dibersihkan, keringkan busi dengan menggunakan lap atau disemprot menggunakan angin dari kompresor.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Enam Barang yang Wajib Ada di Bagasi Motor
Artikel Selanjutnya
Jangan Salah, Ini Arti Huruf dan Angka pada Tuas Persneling Mobil Matik