Sukses

Lebih Rewel Mobil Tua atau Modern?

Mobil yang sudah mengadopsi teknologi modern dan teknologi lawas memiliki penggemarnya masing-masing di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil yang sudah mengadopsi teknologi modern dan teknologi lawas memiliki penggemarnya masing-masing di Indonesia. Alasannya macam-macam, di antaranya karena kemudahan perawatan. Artinya, ada yang bilang mobil modern lebih mudah dalam hal perawatan dan mobil lama lebih sulit. Atau justru sebaliknya.

Modern atau lama sendiri dibedakan antara lain karena sistem ECU dan pengaturan yang masih serba manual, terutama mobil bermesin injeksi dan karburator.

Untuk mobil modern, momok yang umum di masyarakat adalah sulitnya menemukan problem jika sistemnya saling bergantung. Namun ada saran menarik untuk bisa memahami problem sebenarnya.

"Di mobil lama karburatornya harus di-setting dulu. Apalagi yang masih platina, distributornya satu-satu. Sementara kalau injeksi atau EFI itu lebih pada pengecekan sensor-sensornya saja," kata Gunawan, Manager Operasional Carfix Indonesia.

Menurut dia, selama sensor-sensornya bersih, maka sistem mobil modern akan aman. 

"Satu lagi filter udaranya. Kalau di kami ada pengecekan tambahan. Cek filter udara, aki, filter AC, tekanan angin. Itu semua free," tambahnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Pilihannya kembali pada pengguna. Namun jika citra mobil modern jadi menakutkan karena kerusakan sistem, maka faktor kebersihan sensor seperti dijelaskan di atas bisa jadi pertimbangan.

Sumber: Otosia.com

 

3 dari 3 halaman

Perkakas Ini Harus Selalu Ada di Bagasi Mobil Tua

Sebagai pemilik mobil tua alias klasik, memiliki seperangkat alat bongkar atau tools di mobil merupakan keharusan. Terlebih, jika Anda berniat untuk melakukan perjalanan jauh, seperti liburan dan mudik lebaran.

Pasalnya, dengan status mobil yang sudah termakan usia, tidak tahu ada berapa komponen yang bakal bermasalah.

 

 
 

 

Berikut, perkakas atau tools yang harus tersedia di bagasi mobil tua, seperti Liputan6.com kutip dari Doityourself, Minggu (20/5/2018):

1) Kabel Jumper

Sebagai mobil tua, kelistrikan atau aki selalu menjadi masalah tersendiri. Bisa saja, saat sedang dalam perjalanan jauh, aki Anda tekor dan mobil bisa mati.

Apalagi, jangan berharap ada pengemudi lain yang memiliki satu set kabel jumper aki. Jadi, selalu sediakan kabel jumper aki agar perjalanan Anda lebih nyaman dan aman.

2) Kunci Pas

Alat ini, bakal berguna untuk melepas dan mengencangkan baut mobil. Terutama, untuk baut klem terminal baterai atau aki.

 
Baca selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.