Sukses

Daihatsu Punya Ayla Turbo, Bagaimana dengan Toyota Agya?

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) secara resmi memperkenalkan modifikasi, Daihatsu Ayla Turbo. Sebelumnya, mobil dikelas Low Cost Green Car (LCGC) tersebut telah dipamerkan pada gelaran otomotif bergengsi di Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) secara resmi memperkenalkan modifikasi, Daihatsu Ayla Turbo. Sebelumnya, mobil di kelas Low Cost Green Car (LCGC) tersebut telah dipamerkan pada gelaran otomotif bergengsi di Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Diklaim memiliki tenaga maksimal, akankah Toyota Agya dijejali perubahan yang sama?

Menanggapi hal tersebut, Anton Jimmi, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) mengaku saat ini pihaknya tidak memiliki rencana untuk mengikuti jejak kembarannya tersebut.

"Sementara ini kami belum memiliki rencana terkait hal itu. Memang hal itu (Ayla Turbo) plan project-nya Daihatsu, jadi kami enggak bisa berkomentar," kata Anton.

Meski bekerja sama dalam hal produksi, Anton menegaskan pihaknya dengan Daihatsu memiliki sistem marketing yang berbeda.

"Kalau Daihatsu melakukan hal itu, bukan berarti kami juga harus ikut melakukannya. Karena basic-nya kami kerja sama di development dan produksi, tapi kalau urusan marketing berjalan sendiri-sendiri," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sebagai bagian dari tren otomotif, mobil konsep Daihatsu Ayla turbo ini dirancang untuk menunjukkan kemampuan rancang bangun R&D Daihatsu di Indonesia. Selain itu, mobil ini juga untuk memberikan inspirasi dalam memodifikasi kendaraan, khususnya yang menggunakan teknologi turbo.

Modifikasi Daihatsu Ayla turbo ini memiliki perubahan yang signifikan, meliputi mesin, transmisi, knalpot, bodi, suspensi, roda, dan yang utama adalah penyematan komponen turbocharger, sehingga mobil konsep Ayla turbo ini layak uji di sirkuit, serta sesuai dengan standar regulasi yang ditetapkan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Tak hanya itu, melalui uji coba dengan pengetesan mobil yang dilakukan Daihatsu, Ayla turbo menghasilkan tenga sebesar 200 Tk dengan torsi 242 Nm. Dan akselarasi dari 0 sampai 100 km/jam yang dapat ditempuh 10,3 detik. Tenaga dari mesin tersebut lebih besar dibanding Toyota 86 standar. Toyota 86 mengadopsi mesin 2,0 liter boxer yang menghasilkan tenaga 197 Tk dengan torsi puncak 205 Nm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.