Sukses

Penjualan Toyota Avanza Kembali Diasapi Mitsubishi Xpander

Tercatat, pada bulan pertama 2019, Mitsubishi Xpander berhasil terkirim sebanyak 5.708 unit. Sedangkan Toyota Avanza hanya mampu terdistribusi 5.568 unit.

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan mobil keluarga kelas bawah di Indonesia masih dikuasai oleh dua model, yaitu Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Dua produk asal Jepang ini masih terus bersaing ketat, dan saling salip distribusi kendaraannya di setiap bulan.

Namun membuka awal tahun, penjualan wholesale (pabrik ke dealer) Mitsubishi Xpander kembali asapi Toyota Avanza. Tercatat, pada bulan pertama 2019, Mitsubishi Xpander berhasil terkirim sebanyak 5.708 unit. Sedangkan Toyota Avanza hanya mampu terdistribusi 5.568 unit.

Menanggapi kondisi ini, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi menjelaskan jika tujuan utama Toyota di Indonesia adalah menjual mobil dan melayani konsumen.

"Poin kedua, setiap kami meluncurkan atau memproduksi produk baru, pasti akan ada lead time, leaning curve untuk mereka memproduksi dalam jumlah yang kami inginkan," jelas Anton saat berbincang dengan wartawan di acara media test drive new Toyota Avanza, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/2/2019).

Lanjutnya, Toyota mulai melakukan pengiriman Avanza dan Veloz baru relatif pada pertengahan bulan. Jadi, jumlahnya memang tidak akan bisa banyak, dan jumlah itulah yang bisa diproduksi pada Januari 2019.

"Pada awal bulan kami sudah distribusi (Toyota Avanza baru), tapi itu lebih banyak untuk persiapan peluncuran, Kita kirim unit ke seluruh Indonesia untuk peluncuran di dealer. Jadi sebetulnya, konsumen itu setelah tanggal 15 baru mulai pengirimannya," tegasnya.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, pada Februari 2019, rencananya Toyota bisa mengirimkan 6.000-an unit Toyota Avanza baru. Namun, untuk jumlah pastinya masih menunggu, karena masih ada beberapa hari lagi.

"Jadi mungkin, awal Maret nanti kita akan info wholesale angkanya berapa. Untuk ritelnya sendiri, kira-kira 5.400-an unit, dan sisanya masih ada sedikit di pipeline. Kalau ditanya di cabang, ya jujur masih ada yang inden, 1,5 sampai dua bulan, apalagi untuk Veloz ya," pungkasnya.

Untuk diketahui, jumlah surat pemesan kendaraan (SPK) Toyota Avanza baru mulai dari peluncuran, diklaim sudah mencapai angka sekitar 15 ribuan unit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.