Sukses

5 Langkah Ampuh Mengerem Motor Matik di Turunan Curam

Sepeda motor matik merupakan jenis sepeda motor terlaris di Indonesia. Bentuknya yang kekinian dan penggunaannya yang praktis menjadi alasan motor matik digemari.

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor matik merupakan jenis sepeda motor terlaris di Indonesia. Bentuknya yang kekinian dan penggunaannya yang praktis menjadi alasan motor matik digemari.

Meski terdengar mudah, tapi sebenarnya tak semudah itu. Apalagi saat melewati jalanan menurun, perlu skill tersendiri.

Seperti mengutip laman resmi Suzuki, sebab pengereman sepeda motor matik berbeda dengen sepeda motor biasa. Maka mengeremnya pun tak bisa sembarangan.

Jika salah, bisa-bisa pengendara justru terjatuh bersama kendaraannya. Agar aman, coba ikuti tips berikut.

1. Gas Jangan Dikosongkan

Sepeda motor matik punya persneling otomatis. Jika gas dikosongkan artinya persneling juga kosong, dan bisa menyebabkan laju motor menjadi tak terkendali.

Maka saat melewati jalan menurun, cukup kurangi saja gas tapi jangan sampai kosong. Setidaknya, pertahankan kecepatan 5-10 kpj.

 

 

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Posisikan Empat Jari di Masing-Masing Handle Rem

Sementara empat jari harus bersiap di handle rem, jempol harus tetap berada di grip gas utnuk mengatur laju gas motor matik. Cengkeram handle rem secukupnya, jangan terlalu dalam agar rem tidak terlalu mencengkeram, dan malah bisa membuat motor kehilangan kestabilannya.

3. Prioritaskan Rem Depan Dibanding Rem Belakang

Dengan menggunakan rem depan, motor bisa menahan daya dorong ke depan yang memang lebih besar dayanya ketika melintasi jalan yang menurun. Sedangkan rem belakang berfungsi sebagai penyeimbang saja.

4. Jangan Lepas Handle Rem Sebelum Lewati Jalan Turunan

Melepas rem di saat belum selesai melewati jalan turunan bisa mengakibatkan laju motor menjadi tak terkendali dan risiko seperti jatuh atau menabrak kendaraan lain di depan menjadi lebih besar.

5. Gunakan Kaki untuk Menyeimbangkan

Saat melewati jalanan menurun yang tajam dalam kondisi padat lalu lintas, fungsi kaki sangat penting untuk menopang dan menyeimbangkan motor saat harus sering berhenti.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.