Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Mengintip Proses Penyiksaan Rem Hasil Printer 3D Milik Bugatti

Liputan6.com, Jakarta - Video resmi uji kaliper terbaru Bugatti baru saja diunggah oleh Volkswagen Group baru. Perangkat pengereman ini bukan komponen biasa, soalnya diproduksi lewat mesin cetak 3-dimensi, hasil kerja sama dengan Laser Zentrum Nord dari Hamburg.

Simulasi pengetesan dibuat ekstrem. Cakram diputar dengan sebuah alat khusus hingga kecepatan 375 km/jam dalam ruangan tertutup. Kemudian tim peneliti mengaktifkan pengereman. Tampak dalam video, pengurangan kecepatannya sangat baik, sekalipun piringan rem berubah warna menjadi merah membara dan muncul percikan api. Uji coba tak hanya dilakukan sekali, namun hingga tiga kali, tetapi proses berjalan tanpa kendala.

Januari lalu, Bugatti memang mengumumkan sedang mengembangkan kaliper yang dicetak mesin 3-dimensi. Waktu pengembangannya, dari desain sampai bentuk jadi, hanya tiga bulan. Komponen itu dibentuk dengan menumpuk 2.213 lapisan bubuk titanium, yang dilelehkan menggunakan 4 laser bertenaga 400 watt. Pencetakannya memakan waktu hingga 45 jam. Selanjutnya, komponen dibakar dengan suhu 700 derajat celsius yang diturunkan ke 100 derajat celsius. Fungsinya, memastikan stabilitas dimensional.

Kemudian, permukaan dihaluskan melalui kombinasi teknik mekanis dan kimia. Langkah ini sekaligus meningkatkan kekuatan struktur. Terakhir, meratakan area fungsional menggunakan mesin pemotong lima poros selama 11 jam.

Penggunaan teknik ini, menghasilkan komponen pengereman yang sangat ringan. Bobotnya hanya 2,9 kg atau 60 persen dari kaliper aluminium yang sudah tersematkan pada Bugatti Chiron. Walau begitu, kekuatannya lebih baik, lantaran material pembentuknya adalah titanium yang juga dipakai untuk sayap pesawat dan roket. Suku cadang slow moving ini punya panjang 41 cm, lebar 21 cm dan tinggi 13,6 cm. Tegangan maksimum yang dapat ditahan mencapai 1.250 N per milimeter persegi.

 

2 dari 3 halaman

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Walau sudah menunjukkan wujudnya, sayangnya belum diketahui kapan kaliper ini bakal diproduksi secara massal dan model apa yang menerimanya. Begitu pula soal harga. Sepertinya konsumen harus membayar lebih dari yang sebelumnya. Namun bisa dipastikan, komponen itu bakal disematkan ke roda depan dengan konfigurasi delapan piston.

Inovasi ini bukan satu-satunya pembuktian dari pabrikan asal Prancis itu. Bugatti berkomitmen fokus menggarap pengembangan suku cadang lewat printing 3 dimensi. Komponen lainnya, lengan wiper berdimensi 24,8 inci dari aluminium. Keunggulannya, sudah pasti beratnya hanya 399 gram dan berkualitas mumpuni. Bahkan menurut keterangan resmi di situs Bugatti, ini setengah dari bobot penyapu kaca yang diproduksi secara konvensional. 

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Kawasaki KLX150L Bangkit dengan Gaya Retro Era 80-an
Artikel Selanjutnya
Alasan Mahindra Meluncurkan Pikap di Indonesia