Sukses

Wajib Diketahui, Ini 5 Komponen Mobil yang Perlu Diperhatikan!

Nah, sebagai pemilik kendaraan yang sangat sayang mobilnya, perlu diketahui komponen yang paling penting dari sebuah mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak sedikit pemilik mobil mobil yang rela untuk merogoh koceknya dalam-dalam untuk menjaga tunggangannya tetap prima, bahkan rela untuk memodifikasi agar terlihat lebih keren.

Nah, sebagai pemilik kendaraan yang sangat sayang mobilnya, perlu diketahui komponen yang paling penting dari sebuah mobil.

Berikut, lima komponen penting dari sebuah mobil seperti disitat dari laman resmi Daihatsu Indonesia:

1) Aki

Aki adalah salah satu komponen penting yang ada pada mobil. Aki merupakan pusat dari kelistrikan pada mobil, terutama saat belum aktif. Mengapa aki merupakan salah satu komponen terpenting yang harus perhatikan?

Jelas saja, karena tanpa aki, beberapa bagian pada mobil yang membutuhkan tenaga listrik tidak akan menyala, seperti bagian lampu. Bahkan, umumnya menyalakan mobil putaran awal pada dinamonya membutuhkan tenaga listrik.

2) Sistem Pendingin

Sistem pendingin merupakan bagian penting lainnya yang harus diperhatikan dari mobil. Sistem pendingin pada mobil berfungsi untuk menyerap panas pada mesin yang sudah bekerja keras.

Dengan adanya pendingin ini, masih bisa bekerja dengan maksimal sejauh apapun jaraknya. Perhatikan bagian radiator, karena pada bagian ini biasanya rentan terhadap kerusakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3) Transmisi

Transmisi berfungsi sebagai sistem pemindah tenaga mobil pada poros propeler. Bagian ini merupakan salah satu yang sangat penting yang harus diperhatikan. Cara merawat transmisi supaya terhindar dari kerusakan, adalah dengan rutin mengganti oli transmisi secara berkala.

Tidak main-main, smemang sangat perlu merawat transmisi dengan baik, karena kerusakan pada transmisi akan berdampak pada kerusakan-kerusakan pada komponen mobil yang lain.

4) Suspensi

Suspensi merupakan bagian kaki-kaki mobil yang keberadaannya sangat penting. Tanpa suspensi, pastinya akan banyak mengeluh saat mengendarai mobil, apalagi ketika menghadapi jalanan yang tidak rata dan berlubang seperti jalanan di Indonesia pada umumnya.

Suspensi berguna untuk memberi kenyamanan saat berkendara, karena suspensi berfungsi sebagai peredam guncangan dan getaran, serta peredam kejut yang akan memberikan kenyamanan saat berkendara.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5) Ban

Inilah komponen terakhir yang paling penting harus diperhatikan. Ban, adalah komponen paling penting, karena tanpa ban, mobil tidak akan bisa jalan. Ban yang bagus akan memberikan perjalanan yang mulus.

Berbagai jenis ban bisa ditemui dengan kelebihannya masing-masing. Bagaimanapun pilihan bannya, jangan lupa untuk memperhatikan apakah ban masih dalam kondisi yang baik atau tidak, terutama setelah melakukan perjalanan yang jauh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.