Sukses

Peugeot P2X Menantang BMW G310R, Pakai Mesin Buatan India?

Liputan6.com, Jakarta Paris Motor Show 2018 memberi kejutan. Peugeot P2X lahir di Tanah Airnya. Motor konsep ini mendampingi Peugeot Pulsion.

Peugeot Pulsion merupakan sebuah skutik 125cc. Nantinya, motor ini akan berhadapan dengan Yamaha XMax 125 dan Honda Forza 125 di pasar Eropa mulai tahun 2019 mendatang. Sementara Peugeot P2X Concept bergenre naked-sport bike dengan desain retro-modern. Hal itu perpaduan warnanya yang sederhana.

Mengutip dari Auto.ndtv.com, setidaknya ada 2 konsep yang dihadirkan, yaitu cafe racer dan roadster. Sebenarnya, perbedaan antara keduanya tak terlalu banyak, hanya pada pelek, setang, jok, dan pilihan warna.

Peugeot P2X Cafe Racer Concept dibekali jok single-seat dengan cover di belakangnya. Selain itu, setangnya menggunakan model clip-on yang terletak di bawah segitiga atau under-yoke dan dilengkapi dengan pelek palang (cast wheel). Model ini dilabur dengan warna dominan putih dan berpadu dengan hitam serta memiliki aksen merah.

Sementara itu, Peugeot P2X Roadster Concept dibekali dengan pelek jari-jari (spoke wheel) aluminium dan setang standar. Selain itu, joknya dapat memuat 2 orang dan dibuat menyambung serta dilabur warna coklat. Model ini hadir dengan warna biru glossy dan memiliki beberapa aksen silver.

Selain beberapa komponen tersebut, keduanya sama persis. Baik Peugeot P2X Cafe Racer Concept maupun Roadster Concept sama-sama dibekali LED headlight, suspensi depan upside down, twin-tube rear suspension, dan knalpot dual-muffler.

Salah satu komponen yang menarik adalah instrumen panelnya. Sama seperti Peugeot Pulsion, speedometer pada motor ini juga telah menggunakan teknologi TFT dan dapat dihubungkan dengan smartphone untuk menampilkan pesan singkat, menjawab telepon, serta sistem navigasi.

Selain itu, keduanya tidak dibekali dengan spakbor seperti motor pada umumnya, tetapi mengaplikasikan mud-guard yang terintegrasi dengan swing-arm. Peugeot P2X Concept juga memiliki skid-plate untuk melindungi mesin dan leher knalpot.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 dari 3 halaman

Pakai Mesin Mahindra

Sayangnya, sektor dapur pacu Peugeot P2X Concept masih belum jelas. Kemungkinan, motor ini menggunakan mesin yang diadopsi dari Mahindra Mojo, 1-silinder 296 cc liquid-cooled. Konfigurasi tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 28 Tk dengan torsi maksimum mencapai 32 Nm.

Prediksi tersebut tidak terlepas dari Mahindra Two Wheelers, pabrikan motor asal India yang telah mengakuisisi saham divisi motor Peugeot sebesar 51 persen sejak tahun 2014 lalu.

Menurut sumber yang sama, kabarnya versi produksi naked-sport retro-modern ini akan diperkenalkan pada tahun 2020 mendatang. Seandainya benar-benar menggunakan mesin Mahindra Mojo, Peugeot P2X Concept akan menjadi lawan tangguh bagi BMW G310R, KTM Duke 300, dan Honda CB300R.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Yamaha MT-15 Keluar di Thailand, Seperti Apa Spesifikasinya?
Artikel Selanjutnya
Di Eropa, Yamaha XMax 125 Nyaris Rp 100 Juta