Sukses

Ada Jokowi di Balik Berkembangnya Dunia Kustom Tanah Air

Liputan6.com, Yogyakarta - Dunia kustom Indonesia sedang mengalami perkembangan. Itu bisa terlihat pada gelaran Kustomfest 2018 yang mengalami peningkatan jumlah peserta.

Seperti diketahui, Kustomfest bisa dibilang sebagai barometer dunia kustom Tanah Air. Tidak cuma diminati builder lokal, hajatannya 'anak kustom' ini juga menarik perhatian builder internasional.

Dikisahkan Direktur Kustomfest Lulut Wahyudi, saat pertama kali event ini digelar pada tujuh tahun silam, ketika waktu menunjukan pukul lima (5) sore sehari sebelum acara dimulai, setidaknya hanya ada 20 motor kustom yang ikut.

"Kebayang gak? Full venue (Kustomfest 2011) itu angkanya 100 motor saja tidak ada. Pokoknya, waktu itu asal beda (motor dimodifikasi) saya masukin, sampai segitunya," jelas Lulut kepada wartawan di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Sabtu (6/10/2018).

Seiring berjalannya waktu, gelaran Kustomfest 2018 kini semakin banyak diikuti para builder dari berbagai wilayah dengan karya-karya brilian.

Sekadar informasi, tercatat 155 motor kustom dan 28 mobil kustom mengikuti Kustomfest 2018. Angka ini lebih banyak di banding tahun lalu.

Menurut Lulut, ada peran Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam berkembangnya dunia kustom Tanah Air. Hal itu setelah orang nomor satu di Indonesia itu membeli motor kustom bergaya chopper dari builder lokal pada awal 2017.

"Dan mendadak semua orang bicara kustom. Indonesia bisa saya bilang jadi mendadak custom (gara-gara Jokowi)," ungkap Lulut.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 dari 3 halaman

Motor Kustom Jokowi

Seperti diketahui, Jokowi memiliki motor kustom yang dinamai Chopperland. Motor berbasis Royal Enfield Bullet 350cc itu digarap atas kolaborasi Elders Garage dan Kickass Choppers.

Presiden Jokowi sendiri membeli motor itu setelah melihatnya di kegiatan Sumpah Pemuda di Istana Bogor, Jawa Barat, pada Oktober 2017.

Beberapa waktu kemudian melalui Staf Kepresidenan, Presiden Jokowi menyampaikan keinginannya untuk membeli moge tersebut. Namun, motor Royal Enfield Bullet 350cc Chopperland itu tidak langsung sampai di tangannya.

Karena, moge tersebut sempat dibawa untuk mengikuti pameran di Negeri Sakura. Setelah itu, motor yang dibeli seharga Rp 140 juta tersebut sampai di kediaman Presiden Jokowi di Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tagih Kasus Novel Baswedan, Jokowi Panggil Kapolri Senin Depan
Artikel Selanjutnya
KPK Berharap Jokowi Hadiri Puncak Hari Antikorupsi Sedunia 2019