Sukses

Industri 4.0, Pabrik Glory 580 Sudah 90 Persen Menggunakan Robot

Pabrik yang memproduksi SUV 7 penumpang, DFSK Glory 580 ini, ternyata sudah menggunakan tenaga robotic hampir 90 persen.

Liputan6.com, Jakarta - PT Sokonindo Automobile selaku APM mobil DFSK telah mengimplementasikan prinsip industry 4.0 di pabriknya yang berada di Cikande, Serang, Banten.

Pabrik yang memproduksi SUV 7 penumpang, DFSK Glory 580 ini, ternyata sudah menggunakan tenaga robotic hampir 90 persen. 

"Hampir 90 persen (robot),  kalau lihat di sana semua itu sudah komputer, ya mungkin (SDM) ada untuk angkat-angkat sana sini. Tapi memang kadang untuk ngetes atau cek, harus manusia," kata CEO PT Sokonindo Automobile, Alexander Barus di acara Media Test Drive Glory 580, Selasa (5/6/2018).

Menurutnya, jika hari ini kerja manusia diubah dengan mesin, nantinya mesin yang justru dimanusiakan.

"Jadi dari Information Technology menjadi Digital Technology," katanya.

Bahan bakunya sendiri, Glory 580 masih mengimpor dari Cina meski pelat sudah dari Indonesia.

"Sebagian sudah dari sini (Indonesia) seperti pelat-pelat dari sini kan. Jadi kira-kira sekarang ini antara 25-30 persen local contentnya," ujar Alex.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Untuk diketahui, sekarang ini di pabrik Cikande sudah tersedia fasilitas stamping dan forging

"Ini kan step awal, kita juga punya welding, kemudian kita punya painting dan assembling control. Sebetulnya semua kita sudah punya hanya bahannya saja masih kita bawa dari Cina," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.