Sukses

Mengenal Ragam Jenis Sistem Pengunci Helm

Helm merupakan perlengkapan wajib ketika mengendarai dan menumpang sepeda motor. Tugas utama helm adalah untuk melindungi kepala penggunanya.

Liputan6.com, Jakarta - Helm merupakan perlengkapan wajib ketika mengendarai dan menumpang sepeda motor. Tugas utama helm adalah untuk melindungi kepala penggunanya.

Seiring berkembangnya industri sepeda motor dunia, pabrikan helm pun terus melakukan inovasi di berbagai sisi, baik tampilan maupun segi keamanan. Karena itulah muncul berbagai jenis sistem pengunci helm.

Tak hanya sekedar menjadi pelengkap, pengunci helm memiliki fungsi penting, yaitu menjaga helm tak terlepas ketika penggunanya terlibat dalam kecelakaan.

Lantas, apa saja jenis-jenis sistem pengunci helm motor yang beredar di Indonesia? Simak ulasan berikut:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Quick Release Buckle

Jenis ini paling banyak beredar di Indonesia dengan ciri khas bunyi "klik" saat terkunci. Sistem quick release buckle bisa ditemui pada helm bonus pembelian sepeda motor maupun tipe lain, bahkan full face.

3 dari 4 halaman

2. Micro-lock

Sistem pengunci micro-lock juga kerap disebut sebagai micrometic buckle. Cara kerjanya mirip dengan sistem sabuk pengaman pada pesawat terbang. Untuk mengunci hanya perlu memasukkan sisi yang panjang dan bergerigi ke rumah kunci. Melepasnya hanya perlu menarik tali biasanya berwarna merah pada pengunci.

4 dari 4 halaman

3. Double D Ring

Tipe ini kerap dibilang yang paling aman dari segala jenis sistem pengunci helm. Tak heran jika helm pembalap MotoGP dan ajang balap lainnya menggunakan Double D Ring. Seperti namanya, sistem ini memiliki ring berbentuk D dan dilengkapi dengan kancing setelah simpul terikat.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.