Sukses

Bukan Italjet Angel, Ini Sepeda Tenaga Listrik Karya Mahasiswa Yogya

Liputan6.com, Jakarta - Sudah seperti tradisi, gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) selalu menyediakan panggung untuk kendaraan karya mahasiswa. Selain mobil hemat energi, gelaran IIMS tahun ini juga diperkenalkan sepeda bertenaga listrik karya tim UASC UII, Yogyakarta.

Jika dilihat secara sepintas, sepeda listrik bernama PitX ini mirip dengan Italjet Angel. Namun, jika diperhatikan ternyata berbeda dengan sepeda listrik yang diniagakan oleh Garansindo tersebut.

"Kita mengambil konsepnya klasik, namun tetap modern dengan dipadukan dengan teknologi listrik," jelas Yanuar Anaba Wahyuesa, Koordinator di parade kendaraan listrik mahasiswa, saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (23/4/2018).

Jika dilihat secara desain, sepeda listrik bergaya retro ini ala Schwin Alu. Untuk motor listrik dan controller ditempatkan di kotak, dan ditaruh di bagian frame yang kosong.

"Idenya sudah tercetus pada 2016 akhir, dan mulai dikembangkan pada 2017. Tadinya kita mau riset pembuatan controller, namun tidak bisa kita jual karena tidak ada medianya," tambah Yanuar.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Untuk spesifikasi sepeda bertenaga listrik ini cukup canggih, dengan baterai lithium ion berkapasitas 2 kWh. Pengisian baterai dengan menggunakan fast charging, hanya butuh waktu 40 menit, tapi pengisian standar atau listrik rumah bisa sampai empat jam.

Daya dari baterai disalurkan ke motor listrik magnet BLDC, dan sanggup menghasilkan daya hingga 1 kW.

Saat baterai terisi penuh, daya jelajah sepeda listrik ini mencapai 100 km/jam, dengan kecepatan konstan 20 km/jam. Namun, untuk performa, sepeda listrik karya anak bangsa ini bisa melaju hingga 60 km/jam.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
5 Langkah Mudah Aktif Organisasi Tapi Tetap Berprestasi
Artikel Selanjutnya
Sanksi Ringan Dua Santri Semarang yang Mesum di Masjid