Sukses

Cara Ampuh Hilangkan Karat di Mobil dengan Tiga Bahan Dapur

Liputan6.com, Jakarta - Karat merupakan penyakit yang mungkin terjadi pada sebuah kendaraan, termasuk pada mobil. Karat bisa terjadi karena sebagian besar komponen-komponen penyusun kendaraan terbuat dari besi. Tak hanya menyebabkan penampilan menjadi terganggu, karat juga akan merusak fungsi dari komponen tersebut.

Menghilangkan karat pada mobil prinsipnya sama dengan menghilangkan karat pada logam atau benda-benda di rumah. Jika karat menggerogoti mobil, maka mobil akan terlihat rapuh. Maka dari itu, karat harus dihilangkan dengan beberapa cara. Seperti dikutip situs resmi Daihatsu yang memberi tips menggunakan bahan-bahan dapur untuk menghilangkan karat, seperti memakai cuka, lemon, dan baking soda.

Gunakan sikat dan lap khusus lalu pakai cuka yang dicampurkan sedikit air. Cuka dapat menghilangkan karat karena mengandung asam, khususnya asam sitrat atau asam asetat. Jika bagian mobil yang berkarat bisa dibongkar Anda hanya perlu merendam bagian yang berkarat dengan air cuka selama 1-2 hari. 

Cara kedua menggunakan lemon atau jeruk nipis. Taburkan garam di atas bagian yang berkarat, rendam dengan lemon atau jeruk nipis, dan kemudian kikis dengan bola penggosok aluminium.

Bahan dapur yang bisa digunakan selain cuka dan lemon ialah baking soda. Bila tidak ada cuka atau lemon, Anda bisa gunakan baking soda sebagai bahan lain untuk menetralisir karat di mobil. Caranya dengan menyikat bagian yang berkarat menggunakan sikat atau lap khusus yang sudah direndam dalam baking soda.

1 dari 3 halaman

Pentingnya Mobil Pakai Anti-Karat

Iming-iming bonus kerap ditawarkan perusahaan mobil untuk menjajakan produknya kepada konsumen. Namun ternyata, setiap mobil keluaran baru tidak secara menyeluruh dilapisi anti-karat.

Ya, pelapis anti-karat sangat penting diterapkan, tapi tidak semua bagian dilapisi anti-karat. Padahal, selain mencegah keropos pada material logam mobil, pelapis anti-karat juga mampu menjadi peredam dan meminimalisasi kebisingan di dalam kabin. 

Salah satu perusahaan yang berkecimpung sebagai cat pelindung dan anti-karat, yakni PT Terang Parts Indonesia (Protera Protection). Perusahaan tersebut juga hadir dalam gelaran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Dalam ajang tersebut, Protera Protection menghadirkan pelindung cat dan pencegah karat dengan berbagai tawaran.

“Selama GIIAS 2017 Protera Protection memberikan promo diskon 35 persen untuk pemesanan paint protection dan rust protection. Selain itu, meluncurkan website resmi untuk berbagi informasi produk secara detail, baik itu paint protection maupun rust protection, lokasi outlet, artikel, program, hingga booking layanan,” jelas Hendrik Susilo Marketing Manager PT Terang Parts Indonesia saat ditemui Liputan6.com, Kamis (17/8/2017).

Penggunaan pelapis anti-karat memang sangat diperlukan. Sebab, bagian material logam yang terkena karat bisa saja berpindah ke tempat lain, meskipun itu telah diganti dengan pelat baru.

Pelapis anti-karat ada baiknya digunakan secara menyeluruh terutama di bagian sasis dan bodi.

Hendrik mengklaim, produk paint protection dan rust protection memiliki kelebihan, yakni cepat kering hanya dengan waktu 20 menit, karena menggunakan solvent. Daya tahannya setidaknya lima tahun.

Sedangkan, kelemahan waterbase, jika terlalu sering dicuci, maka lapisan anti-karat akan mudah terkikis.

Artikel Selanjutnya
Manfaat Unik dari Pasta Gigi Selain untuk Kebersihan Mulut
Artikel Selanjutnya
Ingin Atasi Masalah Rambut Sulit Ditata? Buat Sendiri Kondisioner Rambut dari Bahan Alami