Sukses

Hebat, Polri Kawal ASIAN Games 2018 Pakai Moge BMW R1200GS

Liputan6.com, Jakarta - Di akhir tahun 2017, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa membuat warganet terpukau. Bagaimana tidak, mantan Kapolda Papua Barat tersebut terjun langsung meninjau jalur liburan Natal dan Tahun Baru 2018, dengan BMW Motorrad R1200RT.

Dalam kesempatan tersebut, Kakorlantas rupanya tak hanya mengendarai BMW R1200RT, namun juga menunggangi BMW R1200GS.

Nah, ternyata BMW R1200GS tersebut rencananya akan digunakan jajaran anak buah Irjen Royke serbagai armada patroli.

Setidaknya bocoran sepeda motor tersebut bisa dilihat dari akun Instagram @polantasindonesia yang  sebelumnya diunggah @fandydhea.

BMW BMW BMW BMW BMW BMW BMW BMW BMW BMW Be Em We (Made In Germany),” begitulah keterangan yang diberikan akun @fandydhea dan @polantasindonesia.

Jika melihat bocoran foto yang beredar memang terlihat beberaoa pria sedang melakukan pengecekan pada puluhan motor asal Jerman yang berjejer di sebuah ruangan.

Motor yang berbaris rapi itu sudah dicat dengan warna dasar hitam putih, mirip kendaraan patroli Polisi Indonesia. Selain itu, logo Kakorlantas Polri juga terpampang di bagian side box motor tersebut.

 

1 dari 4 halaman

Asian Games

BMW R1200GS ini digadang-gadang dibeli Polri dalam jumlah yang cukup banyak, yaitu mencapai 50 unit.

Hal ini pun dibenarkan langsung Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia-Maxindo Motor, Joe Frans. “Iya, (50 unit),” singkat Joe kepada Liputan6.com, Jumat (19/1/2018).

Joe juga tak menampik jika pengadaan untuk 50 unit R12000GS itu telah dilakukan akhir 2017 lalu.

Kabar yang didapat, BMW R1200GS ini sengaja didatangkan untuk persiapan perhelatan olah raga terbesar se-Asia yaitu Asian Games yang akan akan berlangsung mulai 18 Agustus 2018.

Tentu saja dengan kehadiran moge ini, bisa memperlihatkan profesionalisme kepolisian RI di hadapan negara-negara di Asia lainnya.

2 dari 4 halaman

Pro dan Kontra

Kehadiran BMW R1200GS menjadi armada polisi ini juga mendapatkan dukungan dari warganet.

@rajabashgoldkhan Hebat...BMW

@_sansyah Udh kaya di brazil mantab

@bayuihsann Bukan maenn pake gs semuahh. Asal kriminal di jalan bisa terbasmi mah mantap👌👌👌

@erick.sdss.17 Mantap habis....

@polrestegal Polantas indonesia makin provisional

@herryalexander75 Semoga dgn adanya fasilitas baru ini, pelanggaran Lalin dijalanan dpt lsg diambil penindakan 🙏 tentu nanti tdk digunakan u pengawalan mobil pribadi dll 😀 bkn bgitu @divisihumaspolri @polantasindonesia

Kendati demikian, ada juga yang belum menerima jika motor kelas menangah atas itu digunakan oleh polisi di Tanah Air.

@dewaramdias Apakah cocok buat di jakarta yang lalulintas nya padat??

@kertorahayu mau ngejar sapa Pak? rugi pake BMW. wong jalan macet... banyak lubang n banjir...

@a.r.a.p Buang2 Money Waduh

@r.sidiq @a.r.a.p bukan buang buang money tapi mengikutin alur jaman masa indonesia mau ketinggalann sama negara negara lain

3 dari 4 halaman

BMW R1200GS Berlabel Motor Penjelajah Dunia

Meskipun sepeda motor yang bermain di segmen adventure terdiri dari banyak model dan merek, hanya segelintir saja yang mampu membuktikan diri sebagai sepeda motor yang tangguh. Dari sekian banyak merek, salah satu yang berhasil membuktikan performanya melahap segala medan adalah BMW R1200GS.

Motor ini diperkenalkan pertama kali pada 35 tahun lalu atau tepatnya pada musim gugur 1980. BMW R1200GS didesain mengkombinasikan antara kemampuan off road dan motor jalanan. Maka tidak heran jika motor ini menjadi pilihan para petualang dunia.

BMW R1200GS pernah dipakai aktor Ewan McGregor untuk berkeliling dunia dari London, Inggris ke New York Amerika Serikat. Perjalanan bertajuk Long Way Down melahap jarak 19.198 mil atau 30896 km. Sepeda motor ini juga pernah digunakan John O'Groats berpetualang dari Inggris ke Afrika Selatan.

BMW R1200GS dipersenjatai mesin berkubikasi 1.170 cc yang menghasilkan tenaga 125 Tk dengan torsi 125 Nm. Tak luput, pabrikan Bavaria tersebut juga membekali berbagai fitur unggulan diantaranya suspensi elektronik semi-aktif, kontrol traksi, dan rem ABS.

Pada laman resmi BMW dikatakan pula jika suspensi pada R1200GS terbaru sangat stabil dan menjaga performa maksimal sepeda motor saat di jalan aspal maupun medan yang cukup sulit. Selain itu motor petualang ini juga menawarkan ergonomi berkendara yang fleksibel sehingga pengendara dapat beradaptasi dengan mudah,

Di Indonesia, Maxindo Moto sebagai distributor resmi BMW Motorrad memasarkan dua varian R1200GS antara lain R1200GS tipe standar seharga Rp 663 juta dan untuk R1200GS Adventure dihargai Rp 688 juta.

Artikel Selanjutnya
KTM Luncurkan Motor Sport 250 cc dengan Knalpot Samping, Berapa Harganya?
Artikel Selanjutnya
Daftar Merek Otomotif Peserta GIIAS 2018