Sukses

Catat, Ini Lima Cara untuk Memperpanjang Usia Ban Kendaraan

Liputan6.com, Jakarta - Ban menjadi satu-satunya komponen di kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalanan. Selain itu, ban juga memiliki peran penting untuk meredam guncangan, meningkatkan kontrol, serta menjaga stabilitas pada kendaraan.

Mengingat fungsinya yang penting, menjaga performa ban menjadi penting, sekaligus untuk memperpanjang usia pemakaian ban. Berikut lima cara agar ban tetap prima:

1) Menjaga tekanan udara

Produsen kendaraan telah menetapkan standar tekanan angin sesuai kebutuhan serta beban kendaraan. Sebaiknya, periksa tekanan angin pada ban setiap satu minggu sekali untuk mengetahui kondisi angin.

Ketepatan pada tekanan angin meningkatkan stabilitas berkendara, bermanuver, dan meningkatkan efisiensi pada perawatan ban.

2) Melakukan Balancing

Dalam menjaga kesehatan ban, baiknya menjaga keseimbangan ban dengan melakukan balancing setiap 1 tahun sekali atau 10,000 kilometer.

3) Membersihkan kerikil pada ban

Pada saat melalui jalan bebatuan, segera bersihkan kerikil yang menempel pada sela-sela ban untuk menghindari kebocoran serta keausan pada ban.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4) Rotasi ban

Merotasi ban merupakan salah satu cara dalam merawat kesehatan ban. Sebaiknya lakukan rotasi pada ban setiap 10.000 kilometer.

Rotasi ban dapat dilakukan secara horizontal atau diagonal. Hal tersebut untuk meningkatkan efisiensi pada perawatan ban, sehingga ban memiliki usia pakai yang sama.

5) Jangan tunda memperbaiki ban kempis

Ketepatan tekanan angin pada ban merupakan hal penting. Ketika kondisi ban dalam keadaan kurang tekanan, segera lakukan pengecekkan untuk menghindari kerusakan semakin membesar pada lapisan ban.