Sukses

Ini Rahasia Daihatsu Tidak Naikkan Harga Terios Anyar

Liputan6.com, Padang Harga generasi baru low sport utility vehicle (LSUV) milik PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Terios, tidak mengalami kenaikan. Bahkan, ada beberapa tipe yang justru mengalami penurunan bervariasi, mulai Rp 200 ribu sampai Rp 4,1 juta.

Dijelaskan Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM, untuk menentukan harga, pabrikan asal Jepang ini tidak membandingkan retail dengan retail. Namun, Daihatsu lebih melihat net price dari LSUV andalannya tersebut.

"Cek data, sebenarnya baik Terios atau Rush awal tahun lalu sudah diskon sekitar Rp 15 sampai Rp 20 juta. Sampai terakhir, Terios  bisa Rp 30 juta dan Rush Rp 40 juta," jelas Amelia Tjandra di sela-sela media test drive Daihatsu Terios, di Padang, Sumatera Barat, Kamis (11/1/2018).

Lanjut Amel, jika harga Daihatsu Terios kini harga sama, sebenarnya sudah lebih mahal Rp 30 atau Rp 40 juta. "Teman-teman membandingkan retail dengan retail, tidak melihat ada diskonnya gitu," tambahnya.

Nah, terkait penetapan harga memang dalam ilmu manajemen ada tiga, yaitu konsep pertama harga murah lalu naik, kedua naik lalu murah, dan harga sama.

"Jika brand kurang terkenal, murah dulu setelah diterima lalu menaikkan harga. Lalu, ada brand yang harganya normal atau sesuai. Daihatsu atau Toyota pakai harga normal, tidak ada murah lalu mahal atau mahal lalu murah," tegasnya.

"Jadi, meskipun harga lebih mahal Rp 30 atau Rp 40 juta tapi dengan spesifikasi yang bertambah lebih lengkap," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 3 halaman

Daihatsu Pastikan Sirion Baru Meluncur Februari, Apa Ubahannya?

Setelah menghadirkan LSUV terbarunya, all new Daihatsu Terios beberapa waktu lalu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bakal kembali menghadirkan model anyar. Rencananya, pabrikan asal Jepang ini bakal meluncurkan Sirion baru.

Dijelaskan Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT ADM, citycar terbarunya ini bakal segera meluncur bulan depan, atau Februari 2018.

 

 

"Saya kan sudah bilang, untuk Sirion akan di-launching awal tahun. Untuk tanggalnya belum bisa saya buka. Tapi yang jelas segera di Februari akan di-launching," jelas Amelia Tjandra, di sela-sela media test drive all new Daihatsu Terios di Padang, Sumatera Barat, Kamis (11/1/2018).

Namun sayang, untuk detail ubahan apa yang bakal tersematkan di Daihatsu Sirion baru nanti, wanita yang akrab disapa Amel ini masih menutup rapat keran informasi mengenai hal tersebut.

"Masih produksi Malaysia. Kenapa tidak diproduksi di Indonesia? Volume Daihatsu Sirion tidak terlalu besar, jadi kurang efektif," tambahnya.

Sebagai perbandingan, Daihatsu mampu menjual Sirion di pasar otomotif nasional sekitar 200-an unit per bulan. Sementara itu, Perodua mampu menjual Myfi atau Sirion sekitar 9.000 sampai 11.000-an unit per bulan.

"Karena pasarnya beda, Malaysia lebih suka citycar sedangkan Indonesia lebih suka MPV," pungkasnya

2 dari 3 halaman

New Daihatsu Sirion Diuji Tabrak, Bagaimana Hasilnya?

Model baru Perodua Myvi atau yang lebih dikenal sebagai Daihatsu Sirion di Indonesia, sudah resmi diumumkan sebagai mobil aman. Pasalnya, mobil asal Jepang ini sudah mendapatkan bintang lima dari ASEAN NCAP 2017.

Dilansir Paultan, Rabu (20/12/2017), uji tabrak Daihatsu Sirion ini sudah resmi dilakukan pada Oktober tahun ini.

"Kami sekaligus bangga dan merendah, atas pengakuan prestasi kami ini. Perodua adalah perusahaan yang selalu mengutamakan konsumen, dan Myvi baru merupakan usaha terkuat kami sejauh ini," jelas Presiden dan CEO Perodua, Aminar Rashid Salleh.

Untuk diketahui, pengujian dan penilaian Daihatsu Sirion berdasarkan peraturan terbaru dari ASEAN NCAP. Pada tahun ini, tes dan penilaian mobil teraman ini lebih ketat dibanding sebelumnya.

Daihatsu Sirion mendapatkan 32,71 poin dari kemungkinan 36 poin dalam tes perlindungan penumpang dewasa, dan poin 43,14 dari kemungkinan 49 poin untuk perlindungan anak-anak.

Peringkat keselamatan bintang lima Daihatsu Sirion ini berlaku untuk semua varian, dengan fitur keselamatan, seperti empat airbag, ABS, EBD, VSC, emergency stop signal, Isofix, serta sabuk pengaman untuk semua penumpang.

Sementara itu, untuk varian 1.5 liter, mendapatkan enam airbag, dan untuk varian 1.5 Advanced mendapatkan Advanced Safety Assist (ASA), dan Pre-Collision WarningPre-Collision BrakingFront Departure Alert, dan Pedal Misoperation Control functions.

 
Artikel Selanjutnya
Honda HR-V Unggul Tipis dari Toyota C-HR
Artikel Selanjutnya
Suzuki Ertiga Diskon Rp 30 Jutaan, Masih Bisa Digoyang