Sukses

Roda Kemudi Balap Indycar Pakai Layar Elektronik, Secanggih Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Ajang balap open wheel paling bergengsi di Amerika Serikat, IndyCar, bakal memulai musim 2018 dengan desain aerokit baru. Komponen ini bakal bersifat universal atau untuk semua tim, dengan Dallara sebagai produsen.

Selain mendapatkan aerokit baru, tim IndyCar musim 2018 juga bakal menerima paket elektronik. Paket tersebut, bakal disuplai oleh Cosworth. Demikian dilansir Racer, ditulis Rabu (10/1/2018).

Salah satu paket elektronik yang ditawarkan Cosworth adalah dua pilihan LCD digital setir baru. Untuk paket layar kemudi lengkap, Cosworth membanderol harga US$12 ribu atau setara dengan Rp 158,84 juta.

Harga tersebut, memang berlaku untuk tiga musim, dan tim bisa membayarkannya secara bertahap untuk mengurangi pengeluaran biaya secara langsung.

Jadi, untuk harga paket layar kemudi lengkap, bisa dibayar tiga kali, masing-masing US$4.000 atau setara Rp 52,9 jutaan.

Sementara itu, tim juga bisa memiliki dashboard setir hanya dengan mengganti layar. Untuk paket tersebut, biaya yang harus dibebankan kepada tim sebesar US$ 1.995 atau setara dengan Rp 26,4 jutaan.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Salah satu pembalap IndyCar, James Hinchcliffe, juga bakal menyukai layar digital setir baru dari Cosworth ini. Bahkan, ia menganalogikan, layar setir baru ini merupakan perpindahan dari 'game zaman old' menuju 'game zaman now'.

"Dengan sistem baru ini, kami akan berangkat dari Pong ke Xbox One," ujar James kepada Racer.

Selain itu, layar ini juga mampu mengubah gambar penting dengan cepat. Selain itu, layar baru ini juga bisa menerima data penting terkait performa mobil.

"Sampai kita masuk ke dalam balapan, kita bahkan tidak akan tahu apa yang ingin kita lakukan dengan itu (layar setir baru), karena begitu banyak pilihan baru yang bisa kita mainkan," tambahnya.

Selain itu, dengan layar setir baru yang lebih lebar ini, bisa juga dimunculkan di layar kamera (sesuai dengan syarat yang nanti ditentukan). Jadi, buat penggemar IndyCar, ini akan sangat menarik untuk melihat dari on-board (kamera).

"Jika saya bisa menemukan satu hal yang kurang. Untuk layar yang lama, warnanya sangat terang, dan yang ini tidak," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: