Sukses

Agar Terhindar Masalah, Cek 6 Komponen Mobil Ini Setelah Liburan

Liputan6.com, Jakarta - Libur Natal dan Tahun Baru 2018 telah usia. Artinya, bagi Anda yang telah melakukan perjalanan jarak jauh ada baiknya melakukan pemeriksaan pada kendaraan khususnya mobil yang digunakan.

Pemeriksaan mobil usai melakukan perjalanan memang sangat dibutuhkan. Pasalnya, beberapa komponen dipastikan performanya berkurang. Tak hanya itu, ada juga beberapa bagian menjadi bermasalah.

Nah berkaca dari kasus tersebut, situs cekaja.com menyarankan untuk melakukan pengecekan. Setidaknya, ada enam komponen mobil yang harus diperiksa, antara lain:

Radiator

Mengecek radiator merupakan hal paling mendasar ketika kalian habis melakukan perjalanan yang jauh. Coba periksa apakah air radiator masih cukup banyak dan sesuai standar atau tidak. Selain itu, ada baiknya jika mobil yang digunakan sudah berumur untuk menguras air radiator yang ada.

Seperti yang diketahui, radiator merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi untuk memindahkan energi panas dari medium yang satu ke medium lainnya.

Ban mobil

Tidak boleh dilupakan, perjalanan yang jauh tentu akan “memakan” kondisi ban mobil. Kita perlu mengeceknya ketika selesai melakukan perjalanan panjang seperti mudik ke kampung, misalnya. Lihat apakah keadaan ban masih layak pakai, serta jangan sampai terlupa untuk mengecek tekanan angin pada mobil kesayangan.

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Kopling

Terutama untuk mobil manual, mengecek kopling adalah sebuah keharusan setelah mobil digunakan untuk jarak tempuh yang jauh dan macet. Untuk mengecek apakah ada kendala pada bagian kopling atau tidak, caranya mudah.

Coba rasakan apakah ada perbedaan pada saat perpindahan gigi, apakah sering terjadi slip atau justru transmisi susah dipindahkan. Jika terjadi hal demikian, maka segera ganti kampas kopling mobil.

Oli gardan dan oli transmisi

Bagian paling penting lainnya adalah oli dan transmisi. Coba periksa apakah keduanya masih layak dipakai. Oli gardan dan oli transmisi harus diganti apabila mobil sudah menempuh jarak lebih dari 20 ribu kilometer.

Aki

Komponen lain yang juga tidak kalah penting untuk diperiksa adalah aki. Apabila aki yang digunakan adalah aki basah, coba cek kondisi rumah aki apakah kekurangan air atau tidak. Bukan cuma itu, periksa juga bagian terminal dan kualitas air aki.

Biasanya, aki yang dalam kondisi baik memiliki angka 12 sampai 13 Volt jika dites menggunakan voltmeter saat mesin dalam kondisi mati.

Rem

Jangan pernah mengabaikan pengecekan rem sehabis menempuh perjalanan jauh. Lakukan pengecekan ketebalan kampas serta minyak rem, lihat juga apakah ada ciri-ciri kebocoran atau tidak. Jangan karena lupa melakukan pemeriksaan, rem mobil tidak bisa difungsikan saat dikendarai.

 

Artikel Selanjutnya
Begini Cara Mudah Bersihkan Jok Kain di Mobil Kesayangan
Artikel Selanjutnya
Lima Langkah Mudah Menjaga Kebersihan Dashboard Mobil