Sukses

Begini Cara Mudah Bersihkan Jok Kain di Mobil Kesayangan

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menciptakan suasana nyaman saat berkendara, selain dari interior juga dari jok yang bersih dan wangi. Pasalnya, menjaga kebersihan jok menjadi penting, karena berkaitan langsung dengan tubuh pengendara dan penumpang.

Namun, kebersihan jok memang tergantung dari pemilik mobil. Saat tidak telaten membersihkannya, jok bakal terlihat kotor dan kusam, serta menimbulkan aroma tak sedap.

Nah, berikut tips untuk membersihkan jok, terutama dari bahan kain atau fabric, yang disitat dari laman pressroomtoyotaastra.com, Selasa (9/1/2018).

Perlu diingat, jok berbahan kain memang lebih mudah kotor, dan menyimpan kotoran dibanding jok kulit. Jadi, lakukan perawatan setidaknya sebulan sekali untuk jok berbahan kain.

Selain itu, tidak hanya mengusir debu di permukaan, tapi juga dibersihkan jika ada kotoran yang mengendap.

Kemudian, kebiasaan makan dan minum saat perjalanan, membuat jok rentan terhadap kotoran seperti kopi, kuah makanan, atau cairan lainnya. Untuk membersihkan jenis kotoran tersebut, harus menggunakan cairan pembersih multiwash yang mampu mengangkat kotoran.

Sementara itu, untuk kotoran yang masuk kategori ringan, seperti soft drink atau air, cukup dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih interior biasa.

Agar hasilnya lebih maksimal, pakai vacuum cleaner saat mengeringkannya.

Sebagai informasi, beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan jok berbahan kain, adalah sikat halus, kain chamois, dan kain lap kering.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Berikut langkah proses membersihkan jok:

1. Cara membersihkan kotoran sisa makanan atau debu, bisa menggunakan vacuum cleaner. Sedangkan untuk membantu mengeluarkan kotoran dari celah sempit, bisa disikat terlebih dahulu, dilanjutkan dengan menggunakan vacuum cleaner

2. Semprotkan atau bubuhi cairan pembersih interior secara merata di jok

3. Sikat permukaan tersebut hingga mengeluarkan buih (foam) secara merata

4. Lap dengan kain chamois untuk proses pengeringannya

5. Saat proses membilas sisa kotoran bisa menggunakan kain lap kering. Usap permukaan tersebut sesuai alur pada jok

6. Terakhir, gunakan kembali vacuum cleaner untuk menghilangkan kotoran sisa proses pembersihan.

Artikel Selanjutnya
Lima Langkah Mudah Menjaga Kebersihan Dashboard Mobil
Artikel Selanjutnya
Waspada, Jangan Sembarangan Parkir di Atas Rumput Kering