Sukses

Menakar Keseriusan Investasi Wuling Motors di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) resmi beroperasi di Indonesia pada Selasa (11/7/2017). Keberadaannya di Indonesia sanggup menyerap hingga 3.000 tenaga kerja di keseluruhan rantai industri. PT SGMW Motor Indonesia sendiri merupakan kolaborasi dari tiga pemegang saham utama, yaitu SAIC, General Motors, dan Guangxi Automobile dengan nilai investasi USD 700 juta.

I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, mengatakan, "Ini menjadi sebuah bukti industri Tiongkok menanamkan investasi besar di sini. Di Indonesia, negara dengan pasar terbesar di ASEAN. Dengan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi, mereka juga (Wuling Motors) belajar dari pengalaman. Buktinya komposisi lahannya, separuh digunakan untuk industri pendukung. Karena bagi mereka, itu menjadi peluang produk otomotif."

Dari lahan seluas 60 hektar, sebanyak 30 hektar dimanfaatkan untuk pabrik manufaktur dan 30 hektar sisanya diperuntukkan bagi supplier park. Saat ini Wuling Motors telah bermitra dengan 20 produsen lokal dan 15 pemasok komponen. Ke depan, Wuling akan bekerja sama lebih banyak dengan pemasok komponen untuk meningkatkan nilai kandungan lokal. Saat ini komponen lokal pada produk pertamanya diklaim mencapai 56 persen.

Untuk diketahui, PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) melakukan groundbreaking pada 20 Agustus 2015. "Saya melihat Wuling Motors sangat serius untuk berinvestasi di Indonesia. Belum dua tahun sejak groundbreaking, kini sudah akan memasarkan produknya di Indonesia. Ini prestasi yang baik dan mereka menunjukkan komitmen," ucap I Gusti Putu Suryawirawan.

Dengan kapasitas produksi 120.000 unit per tahun, Wuling Motors memproduksi satu model LMPV Confero S yang akan diluncurkan secara resmi pada Agustus mendatang. Dengan kisaran harga Rp 130 - 160 juta, cukup untuk membuat pemain lainnya di kelas LMPV, bahkan LCGC 7 seater berkeringat. Tentu saja Wuling Motors mengetahui pentingnya kepercayaan dan layanan purnajual. Oleh karena itu, Wuling Motors mempersiapkan 50 titik penjualan dan layanan purnajual dengan 19 titik di antaranya berada di Jabodetabek.