Sukses

Tips Berkendara Hadapi Macet Jelang Buka Puasa

Persiapkan makanan ringan atau minuman yang bisa dikonsumsi di dalam mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Meski jadwal jam pulang kantor saat Ramadan dibuat lebih maju, namun hal itu tetap membuat jalanan sama seperti hari biasa, macet.

Bahkan di bulan puasa ini, jalanan terasa lebih macet. Hal ini karena sejumlah orang serentak pulang kantor, agar dapat berbuka puasa di rumah bersama keluarga.

Akibat kemacetan ini, banyak masyarakat salah memperkirakan waktu perjalanan pulang. Alhasil, berbuka puasa di tengah jalan menjadi pilihan.

Menurut beberapa sumber yang dihimpun Liputan6.com, setidaknya, ada beberapa tips yang dapat direalisasikan saat menjalani ibadah puasa, di antaranya:

Persiapkan makanan ringan atau minuman yang bisa dikonsumsi di dalam mobil atau kendaraan. Ini untuk antisipasi bila kita terpaksa berbuka puasa di jalan.

Usahakan jangan membawa makanan berat seperti nasi serta lauk-pauk. Makanan berat dapat merepotkan pengemudi, lebih baik jika makan makanan tersebut saat sudah tiba di rumah.

Lalu, pastikan radio mobil berfungsi dengan baik. Selain bisa mendengarkan lagu agar tak bosan di jalan, informasi radio dapat menambah wawasan prihal kabar berita terkini.

Selain itu, radio juga dapat mengetahui kapan jadwal adzan Magrib berkumandang. Namun informasi waktu adzan juga bisa menggunakan aplikasi dari smartphone.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.