Sukses

Daftar Bus Mewah yang Eksis di Indonesia

Bus mewah hadir untuk menjawab kebutuhan moda transportasi yang aman dan bertabur fitur wah.

Liputan6.com, Jakarta - Demam ‘telolet’ membuat sejumlah armada bus di Indonesia menjadi pusat perhatian. Namun di balik itu, ternyata bus yang ada dijalanan khususnya untuk lintas provinsi telah difasilitasi sejumlah ornament mewah.

Bak hotel bintang lima berjalan, bus yang ada saat ini tidak hanya sekadar mengangkut penumpang untuk berpergian, tetapi juga memberikan kenyamanan selama di perjalanan.

Tak heran bus-bus mewah kerap digunakan untuk operator bus pariwisata atau disewa instansi yang sedang melakukan perjalanan dinas.

Lantas bus apa saja yang memiliki fasilitas mewah? Berikut tiga bus mewah yang berhasil dihimpun:

1. Omah Mlaku

Omah mlaku merupakan bus super mewah milik PO Nusantara yang berbasis di Kudus, Jawa Tengah. Bus yang dirakit di karoseri Adi Putro ini menggunakan sasis Volvo tipe 12R dengan kapasitas mesin 12 L yang mampu menghasilkan tenaga 420 Tk.


Di dalamnya tersedia berbagai perangkat hiburan antara lain tiga LCD TV, karaoke, home theater dan kursi pijat elektrik. Bus ini dilengkapi jaringan internet melalui fasilitas WiFi.

Interior bus didesain sedemikian rupa dengan fasilitas layaknya hotel berbintang.

2. Imah Leumpang

Bus premium yang satu ini dimiliki oleh PO. Metropolitan yang bermarkas di Majalengka, Jawa Barat. Agar menjadi mewah, bus Imah Leumpang dirombak oleh karoseri Adi Putro di atas sasis Volvo B7R. 


Sebagai bus super mewah, Imah Leumpang dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti V - VCD / DVD, Karaoke, Kursi Pijat, Lemari Pendingin, Kitchen Set, hingga Ruang Meeting. Bahkan, bus ini juga menyediakan kamar tidur di dalamnya.

Interior bus didesain sedemikian rupa dengan fasilitas layaknya hotel berbintang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

3. AM Trans Luxurious

Berikutnya dalah AM Trans Luxurious dengan operator dari PO AM Trans di Bandung. Bus ini dibangun oleh karoseri New Armada di atas sasis Hino RK-8 R260 yang telah dimodifikasi dengan menambahkan satu gardan pada roda belakang.

Fasilitas yang ada pada bus ini tak kalah mentereng, sebab AM Trans Luxurious juga memiliki fasilitas seperti karaoke, kursi pijat, sofa, kamar tidur, serta toilet. Bahkan, bus berkelir hitam ini juga didukung fasilitas home theater serta dapur.

4. Putera Mulya 

Bus ini cukup menarik karena armada yang dioperasikan di bawah PT Putera Mulya Sejahtera tersebut menjadi bus tingkat pertama dengan rute jarak jauh, serta menyediakan dua kelas, yakni First Executive Class dan Elegant Class.

Berbasis Scania K410IB Opticruise, bus rute Jakarta-Wonogiri ini punya dua kelas. Elegant Class, yang berada di dek bawah dikanakan tarif Rp 325 ribu, dengan dilengkapi soliter LCD passenger on seat, electric seat adjustable, leg rest, toilet, juga coffee maker.

Sementara untuk First Executive Class yang berada di dek atas dipatok Rp 225 ribu dengan fasilitas berupa soliter LCD passenger on seat, reclining seat, toilet, leg rest, dan water dispenser. Sementara, di kelas ini ada ruang merokok.

Sekadar informasi ini merupakan bus tingkat kedua yang beroperasi di Pulau Jawa dan yang pertama menggunakan Scania K410IB Opticruise. Sementara secara nasional bus tingkat Scania juga sudah beroperasi untuk rute Banda Aceh-Medan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini