Sukses

Penganjur Aturan Tak Wajib Helm Tewas Kecelakaan

Anggota parlemen Michigan, AS, yang mengusulkan pencabutan aturan tentang penggunaan helm, meninggal dunia karena kecelakaan.

Liputan6.com, Michigan - Anggota parlemen Michigan, Amerika Serikat (AS), yang mengusulkan pencabutan aturan tentang penggunaan helm bagi pengendara motor, meninggal dunia. Ia meninggal dalam sebuah kecelakaan lalu lintas.

Dilaporkan CNN, Peter Pettalia, 61 tahun, pada Senin sore sedang mengendarai motor di jalanan Michigan sebelah utara, ketika sebuah pikap tiba-tiba berbelok ke kiri jalannya. Tak sempat menghindar, motornya tertabrak.

Politisi dari Partai Repulik tersebut tak tertolong dan meninggal. Padahal saat itu ia mengenakan helm. Sementara sopir pikapnya sendiri, seorang perempuan berusia 59 tahun, tidak mengalami cedera sama sekali.

Simpati pun datang dari berbagai kalangan. Salah satunya anggota dewan lain, Kevin Cotter, yang mengatakan bahwa ia sangat terkejut dengan peristiwa ini. "Kita semua terpukul mendengar berita hari ini tentang Peter," ujarnya.

Pettalia adalah pengacara yang memperjuangkan hak-hak pengendara motor, sejak ia terpilih pada 2010. Pada 2012, ia memutuskan untuk memperjuangkan penghapusan aturan tentang kewajiban mengenakan helm untuk semua bikers di atas 20 tahun.

Usahanya berhasil. Aturan itu dicabut. Alhasil, Michigan adalah satu negara bagian yang tidak memiliki peraturan yang mewajibkan semua pengendara motor pakai helm.

Menurut Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), ada 27 negara bagian lain yang punya aturan serupa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.