Sukses

Siaran Piala Eropa Berpotensi Timbulkan Kecelakaan

Penggemar sepak bola bakal terus menyimak jalannya pertandingan tim kesayangan melalui siaran radio.

Liputan6.com, London - Negara-negara Inggris Raya yang meliputi Inggris, Wales dan Irlandia Utara berhasil menembus gelaran Piala Eropa di Prancis. Keberhasilan ini ternyata membawa efek buruk bagi pengemudi.

Bagaimana tidak, mereka bakal terus menyimak jalannya pertandingan tim kesayangan melalui siaran radio. Dilansir Dailymail, pendukung Irlandia Utara jadi pengemudi yang paling terganggu sedangkan pendukung Inggris jadi yang paling pemarah saat mendengar siaran sembari nyetir.

Efek dari mendengar siaran pertandingan sama seperti ketika menelepon dengan hands-free. Pengemudi kehilangan fokus dan konsentrasi selama menyetir.

Penelitian di University of Sussex menemukan fakta bila pengemudi yang mengalami imajinasi visual membuat fokus terhadap rambu lalu lintas menurun. Kondisi ini membuat para pengemudi gagal untuk melihat potensi bahaya sekalipun tepat di depan mereka.

Sementara itu, survey yang dilakukan oleh Confused.com menemukan fakta bila 53 persen dari 2 ribu pengemudi mendengarkan pertandingan saat mengemudi, dan enam persen responden lainnya mengaku bila mendengar siaran pertandingan membuatnya berkendara ngawur.

Lebih lanjut, 47 persen responden akan menghardik radio apabila keputusan wasit bertentangan dengan tim jagoan mereka. Dr Graham Hole, dosen senior di Psikologi di University of Sussex menjelaskan bila yang dilakukan para pengemudi sejenis imajinasi visual sehingga mereka membayangkan adegan di lapangan hijau di dalam kepala.

"Hands-free atau sejenisnya bisa mengganggu karena percakapan menyebabkan pengemudi membayangkan visual dari apa yang dibahas. Bayangan visual ini mengalihakan fokus dari yang dilihat pengemudi di depannya," kata Hole.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini