Sukses

TVS Kembangkan Mesin Irit BBM dan Ramah Lingkungan

Injeksi udara buatan TVS menekan emisi gas buang sekaligus meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Liputan6.com, New Delhi - Pabrikan otomotif roda dua asal India, TVS, telah mendapat persetujuannya atas dua paten yang telah diajukan. TVS berhasil menemukan penyempurnaan terhadap sistem injeksi udara dalam mesin sepeda motor serta sistem pelumasan mesin berbasis satu pompa.

Teknologi injeksi udara buatan TVS dikatakan mampu menekan emisi gas buang sekaligus meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Dilansir Financial Express, teknologi injeksi udara konvensional hanya bekerja menyuntikkan udara segar pada gas buang sehingga mengurangi tingkat emisi. Kelemahan pada teknologi ini terletak pada ketidakmampuannya menekan konsumsi BBM. 

Melalui dokumen paten yang diajukan TVS Motor diuraikan bila sistem injeksi udara tersebut bekerja dengan mengurangi kevakuman saat tuas gas ditutup. Ini membuat konsumsi BBM semakin minim saat proses deselerasi.

Teknologi lainnya yaitu sistem pompa pelumas mesin ciptaan TVS mengadopsi mekanisme pelumasan untuk perakitan crankcase pada mobil. Pelumas akan menyebar ke seluruh mesin melalui efek percikan dan semprotan sekaligus menggunakan mekanisme tunggal.

Sistem tersebut membuat sepeda motor tidak lagi membutuhkan pompa terpisah untuk menyebarkan oli dari bak penampungan. Ini berarti membuat pabrikan bisa menekan biaya produksi saat proses produksi mesin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini