Sukses

VW Beli Balik Mobilnya

Skandal Diesel yang dialami VW di Amerika masih berlanjut. Kali ini bos VW Grup mengatakan akan membeli mobilnya kembali.

Liputan6.com, Jakarta - Dieselgate jadi ganjalan besar buat VW, khususnya di negeri Paman Sam. Salah satu yang ditawarkan VW untuk menyelesaikan masalah itu adalah dengan membeli kembali mobil yang sudah terjual di Amerika Serikat. Hal tersebut diutarakan oleh CEO VW Grup Matthias Muller dalam wawancara dengan CNBC seperti dikutip Reuters, Senin (11/1/2016).

"Dalam beberapa kasus, sangat mudah memperbaiki mobil. Tapi di kasus lainnya itu sangat mahal. Sementara dalam kasus ini kami menegosiasikan apakah itu akan lebih baik membeli sejumlah mobil kembali," ujar Matthias Mueller di Detroit Auto Show.

Harian Jerman, Sueddeutsche Zeitung melaporkan bahwa minggu lalu VW memperkirakan kemungkinan membeli balik 115 ribu mobilnya di Amerika Serikat. "Secara terori itu memungkinkan," ia menambahkan.

Pelanggaran aturan emisi yang dilakukan VW berdampak besar pada citranya di seluruh dunia. Untuk memenangkan kembali hati konsumennya, VW menawarkan sejumlah paket goodwill. Niatan baik itu antara lain memberikan dana sebesar 500 dolar Amerika yang bisa dipakai di dilernya, di luar penyelesaian masalah teknis yang harus dilakukan.

Komponen yang diganti dalam kasus ini menurut Autoblog antara lain catalytic converter pada model VW Touareg 3.0 TDI dan 2.0 TDI yang dapat menyesuaikan dengan standar emisi yang berlaku di Amerika Serikat.

Muller sebelumnya mengumumkan penggantian catalytic converter pada 430 ribu VW dari 482 ribu mobil yang terjangkit Dieselgate. "Kami sudah mengerjakannya dan yakin bahwa penggantian itu merupakan solusi teknisnya," kata dia.*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini