Sukses

Begini Cara Merawat Motor Jadul

Banyak orang beranggapan memiliki motor lawas tentu akan terbebani perawatan yang sulit.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang beranggapan memiliki motor lawas tentu akan terbebani perawatan yang sulit. Hal inipun menyurutkan animo mengoleksi sepeda motor retro seperti Honda CB ataupun Honda C70.

Ternyata, anggapan seperti itu tidak benar. Awan Hermawan selaku karyawan showroom khusus motor lawas Nilam Jaya Motor Klasic membeberkan kiat merawat sepeda motor yang sudah cukup berumur.

"Untuk perawatannya standar aja, tidak susah. Seperti motor baru aja ngerawatnya," kata pria yang disapa Awan kepada Liputan6.com, Senin (26/10/2015).

Pria dengan logat Sunda yang khas ini menjelaskan jika untuk motor lawas sebaiknya rutin memanaskan mesin pagi dan sore. Hal ini dilakukan untuk motor yang jarang digunakan.

"Kalau ganti oli bakal jarang karena motor seperti ini biasanya jarang dipakai," katanya.

Lebih lanjut, Awan menjelaskan jika perlakuan yang sedikit berbeda dapat dilakukan pada sepeda motor lawas yang sering digunakan sehari-hari. "Kalau yang sering dipakai, olinya sebulan sekali diganti," tutupnya.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini