Sukses

Tanpa Sopir, Mobil Ini Sukses Melaju Sejauh 580 Km

PSA Peugeot Citroen dengan bangga menyatakan bahwa seluruh rute itu ditempuh dengan menggunakan mode kemudi tanpa sopir.

Liputan6.com, Paris - Selain Belanda, Prancis rupanya menjadi salah satu negara yang turut terlibat dalam pengembangan mobil tanpa sopir.

Jumat 2 Oktober 2015, PSA Peugeot Citroen baru saja merampungkan tes jalan unit mobil tanpa sopir dari Paris ke Bordeaux. Dilansir dari Autoevolution, Senin (5/10/2015), mobil itu sukses melakoni perjalanan sejauh 580 km.

PSA Peugeot Citroen, dengan bangga menyatakan bahwa seluruh rute itu ditempuh dengan menggunakan modus kemudi tanpa sopir. Dengan kata lain, tak ada sentuhan pengemudi sedikit pun selama perjalanan.

Dikatakan, mobil melaju menyesuaikan kondisi jalan dan kendaraan lain. Mobil pun sesekali mendahului mobil lain.

"PSA Peugeot Citroen mengembangkan solusi dan teknologi yang membuat mobil kian pintar di masa depan. Ini tak lain untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi dan menyesuaikan perubahan kebiasaan dari konsumen," terang pabrikan asal Negeri Menara Eiffel itu.

Lebih lanjut, pabrikan menuturkan, fitur otonomos bakal memangkas angka kecelakaan yang disebabkan kesalahan manusia dan mengurangi kelelahan mengemudi pada jalur yang monoton seperti jalan tol.

"Fitur driveless ini akan diimplementasikan pada produk kami secara bertahap," imbuh PSA Peugeot Citroen.

Sementara itu perjalanan mobil purwarupa Peugeot bakal bertandang ke Intelligent Transport Systems (ITS) World Congress, yang digelar 5-9 Oktober 2015.

Di ajang tersebut, pabrikan Prancis itu bakal menjelaskan lebih dalam prinsip kerja fitur otonomos yang didasarkan pada data car-to-car dan car-to-infrastructur.

(Gst/Sts)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini