Sukses

Pilih Kaca Helm Jangan Sembarangan, Ini Caranya?

Pemiliknya harus tahu helm apa yang sesuai dengan kebutuhannya.

Liputan6.com, Serpong - Kaca merupakan salah satu elemen paling penting pada helm. Ia menghalangi pengendara motor dari angin, debu dan kotoran lainnya di jalanan, serta mereduksi silau dari pancaran sinar matahari.

Karena itu, Anda tidak bisa bisa sembarangan dalam memilih helm dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

Menurut Yuda, salah satu staf di Motoritz, toko akesoris kendaraan bermotor di Indonesia, hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli helm adalah kegelapan kacanya.

"Kaca helm yang baik itu yang sedikit gelap, sekira 40 persen," kata Yuda di booth mereka, hall 10 ICE, BSD City, Kamis (27/8/2015). Dengan kegelapan seperti itu, kata Yuda, penglihatan tetap jelas, baik siang atau malam hari.

Sementara itu, Yuda menambahkan jika kaca bening pada helm justru akan membuat penglihatan cukup terganggu, terutama pada siang hari. "Meskipun sekarang sudah banyak yang dilengkapi dengan double visor," tambahnya.

Selain kegelapan, bahan kaca pun harus diperhatikan. Kaca helm yang baik justru kaca yang terbuat dari plastik, bukan yang berbahan keras. "Bagusan plastik. Kalau kaca (keras) jika kecelakaan justru bisa berbahaya pecahannya ke mata," tutup Yuda.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini