Sukses

Bahaya Letakkan Helm di Atas Tangki Motor

Menaruh helm di atas tangki motor, dalam waktu lama akan membuat helm tidak nyaman digunakan. Mengapa?

Liputan6.com, Jakarta - Mengendarai motor sport adalah impian banyak orang. Banyak pula yang telah memilikinya. Dengan body yang tangguh, orang yang mengendarainya akan sangat percaya diri.

Biasanya, saat tidak dijalankan, seseorang akan menaruh helm di atas tangki bensin persis di depan jok motor ketimbang menaruhnya di spion. Hal ini dilakukan karena posisinya yang mudah dijangkau dan aman.

Tapi, tahukah Anda, jika hal tersebut dilakukan terus menerus akan berakibat buruk pada helm itu sendiri?

Mengapa demikian? Sebab, kapiler kecil di sekitar tangki bisa jadi merupakan jalur uap bensin keluar. Saat uap bensin keluar dan posisinya ditutup oleh helm, maka uap tersebut akan menempel dan akan mengubah kualitas helm dalam jangka waktu tertentu.

Saat partikel uap bensin melekat ke bagian dalam helm yang sebagian besar terbuat dari busa dan styrofoam, maka hal tersebut dapat membuat bahan tersebut mengeras dan kering. Akibatnya, kenyamanan saat menggunakan helm akan berkurang.

Karena itu, biasakan untuk tidak meletakkan helm di atas tangki bensin. Alangkah lebih baik jika pengendara mengenakan helm kemanapun ia pergi.

Kemudian, jika memang kebiasaan ini sudah terlanjur sering dilakukan, maka bersihkanlah helm secara berkala untuk menghilangkan zat-zat bensin yang sudah terlanjut melekat.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini