Sukses

10 Komponen Mobil Terpenting, Jangan Abaikan (II)

Liputan6.com, Jakarta - Dari sekian banyak komponen mobil, ada komponen yang lebih penting dibanding yang lain. Sebabnya, mobil tidak akan dapat berfungsi tanpa adanya komponen tersebut, bahkan bisa membuat bagian lainnya rusak.

Pada bagian pertama, telah dijelaskan bahwa beberapa komponen terpenting pada mobil adalah aki, alternator, Powertrain Control Module, Kolom Kemudi, dan Fuel Injector. Mobil tidak akan bisa beroperasi tanpanya, bahkan bisa tidak nyala sama sekali.

Apa saja lima komponen lainnya? Lalu, apa fungsinya? Melansir Science Channel, Selasa (16/6/2015), berikut ulasannya:

1. Sistem Pendingin

Semua mesin mobil modern menggunakan sistem liquid-cooling atau pendingin air. Sesuai namanya, sistem ini berguna untuk menyerap panas dari mesin agar tetap dapat beroperasi dengan maksimal. Tanpa ini, mesin akan mengalami overheat.

Cooling System (Foto: Autocorner).

Kerusakan pada sistem pendinginan air biasanya terletak pada radiator dan thermostat. Jika radiator berfungsi untuk melepaskan panas, maka thermostat berfungsi untuk menutup atau membuka jalur sirkulasi.

2. Transmisi

Transmisi tentu saja sangat penting bagi mobil. Secara umum, transmisi adalah salah satu sistem pemindah tenaga yang meneruskan tenaga atau putaran mesin dari kopling ke poros propeler.

Ilustrasi transmisi (Foto: transmissionrepairnyc)

Perawatan transmisi otomatis pada dasarnya lebih mudah dari manual. Meskipun begitu, umumnya cara merawat kedua jenis transmisi tersebut adalah mengganti oli transmisi secara rutin. Transmisi rusak dapat memicu kerusakan pada komponen lain.

>> Klik laman selanjutnya

2 dari 2 halaman

Next

3. Suspensi

Jalan berlubang dan tidak rata membuat mengemudikan mobil menjadi tidak nyaman. Untungnya, suspensi yang baik dapat meminimalisir hal tersebut. Karena itulah, komponen paling penting selanjutnya adalah sistem suspensi.

Ilustrasi suspensi (Foto: Lookfordiagnosis).

Pada dasarnya, semua mobil dibangun untuk menyerap guncangan. Tapi, sistem suspensi itu sendiri memiliki beberapa fungsi yang tidak tergantikan, misalnya peredam kejut. Tentu, sebuah mobil tidak layak jalan tidak memiliki sistem suspensi.

4. Ban

Ban tidak hanya benda bulat yang terbuat dari karet. Seperti semua komponen mobil, setiap bagian dari ban telah dikembangkan menjadi lebih baik dan semakin bermanfaat. Setiap jenis ban mengandung senyawa yang akan mempengaruhi karakteristik ban.

Mengganti ban standar dengan tipe M/T sudah  jadi hal yang wajib bagi anggotanya.

Ban yang baik memberikan perjalanan yang mulus. Tapi pada akhirnya, ban selalu berkaitan dengan traksi. Semakin baik kemampuan grip ban, semakin mudah kontrol pengemudi terhadap mobilnya.

5. Rem

Tidak ada yang akan menyangkal bahwa rem adalah salah satu komponen terpenting dari sebuah mobil. Apalagi, teknologi yang semakin maju memungkinkan kecepatan mobil semakin tinggi. Karena itu, rem pun harus semakin baik.

Bagian  permukaan tromol ataupun piringan cakram dibuat tidak merata untuk meningkatkan friksi saat melakukan pengereman.

Semakin sering digunakan, bantalan rem perlahan aus dan harus diganti. Inilah yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil manapun. Jangan sampai rem mobil aus dan membahayakan nyawa pengemudinya sendiri.

(rio/gst/sts)

Geger, Ular Piton 3 Meter Bersembunyi di Mobil

Tutup Video
Loading