Sukses

Toyota 4 Kali Lipat Lebih Tajir daripada General Motors

Dibantu oleh nilai tukar yen yang lemah terhadap dolar AS, Toyota raup keuntungan setara 4 kali General Motors.

Liputan6.com, Aichi - Sebagai produsen otomotif yang menguasai penjualan pada tahun 2014, Toyota praktis memiliki kondisi keuangan yang sehat untuk akhir tahun fiskal pada 31 Maret mendatang.

Bahkan, melemahnya yen dan banyaknya kendaraan ekspor membuat jumlah kekayaan Toyota setara dengan 4 kali lipat keuangan General Motors (GM), meskipun hanya berhasil menjual beberapa ratus ribu unit mobil saja di tahun lalu.

Melansir autoblog.com pada Selasa (24/2/2015), kekayaan Toyota diperkirakan setara dengan US$ 24,5 miliar. Pesaingnya, GM, diperkirakan hanya memiliki kekayaan US$ 6,5 miliar saja.

Menurut analis dari Detroit Press, produsen mobil asal Jepang tersebut mengharapkan pendapatan rata-rata US$ 2.726 pada setiap unit kendaraan yang berhasil dijualnya. Sedangkan Ford dan GM berturut-turut hanya mengharapkan US$ 994 dan US$ 654 saja untuk tiap unit.

>>>Klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunci keberhasilan Toyota

Kunci keberhasilan ini terletak pada nilai tukar yen terhadap dolar yang berada pada titik terendah dalam beberapa dekade. Selain itu juga karena Toyota mengekspor sekitar 45 persen komponen kendaraan yang berarti ada banyak keuntungan melalui konversi ke mata uang asing.

Permintaan yang kuat di pasar Amerika Serikat (AS) dan iklim bisnis yang baik di tahun lalu pun mendorong keberhasilan ini.

(Rio/Gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.