Sukses

Begini Saran Ahli Kulit Agar Dapatkan Nutrisi Kecantikan Selain Dari Biotin dan Kolagen

Akan tetapi, para ahli memperingatkan tentang efek samping dan bahayanya.

Liputan6.com, Jakarta Suplemen yang mengklaim dapat memperbaiki penampilan semakin populer dalam dekade terakhir. Dari 2011 hingga 2020, persentase orang Amerika yang melaporkan mengonsumsi vitamin rambut, kulit, dan kuku dalam sebulan terakhir naik dari 2,5 persen menjadi 4,9 persen.

Akan tetapi, para ahli memperingatkan tentang efek samping dan bahayanya. Suplemen kulit, rambut, dan kuku seringkali mengandung lebih banyak biotin daripada yang dibutuhkan tubuh manusia, misalnya, sebuah makalah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology telah menemukan.

Biotin dosis tinggi “dapat mengubah hasil tes yang mungkin dipesan oleh penyedia layanan kesehatan, seperti tes tiroid, tes jantung dan bahkan berpotensi tes vitamin D,” jelas asisten profesor dermatologi di Harvard Medical School dan salah satu penulis makalah tersebut Rebecca Hartman seperti melansir CNBC Make It, Senin (24/7/2023).

Dosis harian biotin yang disarankan untuk orang dewasa adalah 0,03 miligram. Dalam beberapa kasus, suplemen memiliki 650 kali jumlah itu, menurut US Food and Drug Administration.

Tingkat biotin yang tinggi pada tingkat itu berpotensi menyebabkan diagnosis palsu hipertiroidisme dan memengaruhi kemampuan dokter untuk mendeteksi serangan jantung pada pasien, kata Hartman.

Sementara itu, ketua dermatologi di Universitas George Washington Adam Friedman mengatakan bahwa efek samping ini terkadang bisa mematikan. “Seseorang meninggal karena serangan jantung tidak terdeteksi selama pengujian,” jelas Friedman.

Dia menambahkan bahwa tingkat troponin pasien tidak menunjukkan tanda-tanda kekhawatiran. “Mereka tidak meningkat pada satu orang yang mengonsumsi suplemen biotin untuk pertumbuhan rambut,” ujarnya.

Biotin atau vitamin B7, umumnya ditemukan di sebagian besar makanan dan multivitamin, jadi orang jarang membutuhkan suplemen, kata Friedman. “Jika Anda kekurangan biotin, Anda tidak akan pergi ke Walgreens untuk membeli sebotol biotin,” lanjutnya. “Kamu mungkin akan berada di rumah sakit.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara alami mendapatkan biotin dan kolagen: Diet seimbang

Klaim yang menyarankan biotin baik untuk kesehatan rambut, kulit dan kuku sebagian besar anekdot, kata Hartman. Dia menambahkan, “Kebanyakan orang Amerika sudah mendapatkan jumlah kecil yang dibutuhkan melalui diet harian mereka.”

Sementara data awal menunjukkan bahwa kolagen dapat membuat kulit Anda lebih sehat, Hartman mengatakan diperlukan lebih banyak penelitian untuk memperkuat klaim tersebut.

Terlepas dari itu, diet lengkap adalah cara paling alami dan teraman untuk mendapatkan nutrisi “kecantikan” seperti biotin dan kolagen, para peneliti setuju.

Adpaun makanan yang kaya biotin meliputi kuning telur, kacang polong, kacang, dan biji. Sementara makanan yang membantu meningkatkan produksi kolagen antara lain daging, kaldu tulang, agar-agar, produk susu, kacang polong, kedelai, buah-buahan, sayuran berdaun hijau, hingga umbi-umbian yang mengandung vitamin C.

Sebelum mengonsumsi suplemen apa pun, penting untuk bertanya pada diri sendiri mengenai bahan aktif yang dikalim, bukti yang mendukung penggunaan produk, dan pengujiannya.

Suplemen kolagen, yang sering disebut-sebut sebagai bantuan kesehatan kulit, seringkali dapat dikonsumsi tanpa kekhawatiran yang tidak semestinya - tetapi ketika diuji, banyak merek populer mengandung logam berat beracun, seperti timbal dan merkuri, catat Hartman dan ahli kulit lainnya.

Mengkonsumsi kolagen mungkin “tidak ada salahnya”, tambah Friedman, “tetapi kami memiliki sedikit panduan untuk memberikan rekomendasi sehubungan dengan dosis yang tepat.”

Baginya, inilah intinya: “Saya memberi tahu pasien saya, tolong jangan minum biotin. Bagi saya, sebenarnya tidak ada manfaat tambahan, hanya potensi bahaya.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.